Bupati Kukar dan Istri Turut Meriahkan Lomba Miskat FKR 2023

Peragaan busana miskat oleh Bupati Kukar bersama istri.(Dok: Kominfo Kukar)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Lomba peragaan busana miskat oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Festival Kota Raja (FKR) 2023 di laman parkir Stadion Rondong Demang.

Rangkaian acara FKR yang telah berlangsung sejak pembukaannya pada, Minggu 10 September lalu.

Ragam perlombaan meriah telah dilaksanakan keesokan hari setelah acara pembukaan, yakni perlombaan tari jepen.

Pada Kamis (14/09/2023), perlombaan yang diadu ialah peragaan busana miskat. Miskat merupakan salah satu pakaian adat Kutai. 

Sebagai pembuka, Bupati beserta istri Maslianawati Edi Damansyah berjalan di catwalk dengan dengan busana Miskat Kantornya, diikuti Sekda Kukar Sunggono beserta istri juga menggunakan Miskat, serta diiringi para dewan juri.

Miskat ini diperagakan langsung oleh Kepala OPD beserta pasangan masing-masing, sehingga para staf yang menjadi supporter bersorak-sorai sembari mendukung para kepala OPD tampil.

Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa Miskat adalah pakaian khas tradisional Kutai, baju ini digunakan Kerabat Kesultanan, dan sampai hari ini ditetapkan sebagai seragam wajib ASN Pemkab Kukar tiap hari Kamis.

“Ini untuk menjaga komitmen kami melestarikan pakaian ini. Maksud lomba ini, untuk sampaikan pesan bahwa pimpinan OPD memberikan contoh kepada bawahannya agar menggunakan Miskat di unit kerja masing masing setiap hari Kamis,” ungkap Bupati dalam sambutannya.

Selanjutnya, Edi berpesan selama memperingati hari jadi Kota Tenggarong ke 241, akan ada berbagai acara budaya yang tentu saja menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada seluruhnya agar tetap menjaga ketertiban dan menikmati kemeriahan Kota Raja.

“Untuk itu kepada Perangkat Daerah terkait dan juga seluruh warga masyarakat untuk selalu menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan di wilayah Kota Tenggarong dan sekitarnya, tetap patuhi protokol kesehatan. Tidak membuang sampah sembarangan dan selalu bersikap ramah kepada pengunjung yang datang, dan selamat menikmati kemeriahan kota kita jaga warisan budaya, dan jaga martabat bangsa,” pesannya.

Baca Juga :  Nusantara AGRIFest Digelar November ini

[MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *