Siang Geah Usulkan Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang untuk Tambah PAD

Sangatta – Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kutai Timur, Siang Geah, mengusulkan pendekatan kreatif dalam memanfaatkan lahan bekas tambang guna menciptakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang baru. Menurut Geah, penanaman pepohonan di area tersebut dapat menghasilkan manfaat ganda, baik dalam bentuk objek wisata alam maupun sebagai upaya perlindungan terhadap satwa.

“Dalam upaya mendiversifikasi sumber pendapatan daerah, kita dapat mempertimbangkan pemanfaatan lahan bekas tambang. Jika kita tanam pepohonan di sana, bisa menjadi daya tarik wisata alam atau fungsi untuk perlindungan satwa. Pariwisata alam selalu diminati oleh masyarakat, dan hal ini dapat menjadi sumber pendapatan baru,” ujar Geah.

Geah menegaskan bahwa diversifikasi sumber pendapatan daerah sangat penting untuk mengurangi ketergantungan pada sektor tertentu. Ia meyakini bahwa pemanfaatan lahan bekas tambang tidak hanya akan memberikan manfaat ekonomi tetapi juga mendukung pelestarian lingkungan.

“Pemanfaatan lahan bekas tambang tidak hanya berkontribusi terhadap PAD, tetapi juga membuka peluang untuk pengembangan wisata alam dan program perlindungan satwa. Ini merupakan langkah berkelanjutan dalam menjaga keseimbangan lingkungan,” tambah Geah.

Melalui strategi ini, diharapkan Kutai Timur dapat mengoptimalkan potensi sumber daya alamnya secara berkelanjutan, menciptakan peluang baru bagi perekonomian daerah, dan sekaligus memberikan dampak positif terhadap lingkungan.ADV

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *