Scroll untuk baca artikel
Diskominfo Kukar

Gunungan Hasil Bumi Bakal Hiasi Festival Kelurahan Maluhu

143
×

Gunungan Hasil Bumi Bakal Hiasi Festival Kelurahan Maluhu

Sebarkan artikel ini

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.(Azmi/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Kelurahan Maluhu akan menggelar festival acara “Hiburan Rakyat Kelurahan Maluhu, selama empat hari berturut-turut. Mulai dari tanggal 18 hingga 21 November 2023. Acara ini, akan berlangsung di Halaman Kantor Lurah Maluhu.

Tri Joko Kuncoro, Lurah Maluhu, mengungkapkan bahwa selama empat hari pelaksanaan acara ini, masyarakat akan disajikan berbagai kesenian daerah yang memukau.

Mulai dari tari-tarian hingga pertunjukan kesenian jaranan, semuanya akan dihadirkan dalam rangkaian acara ini. Namun, salah satu sorotan utama acara ini adalah “sedekah bumi” yang akan diadakan pada hari ketiga.

“Sedekah bumi ini merupakan ungkapan syukur dari kelompok tani di Kelurahan Maluhu atas hasil panen selama setahun ini,” ungkap Lurah Maluhu, pada Jumat (27/10/2023).

Dalam acara “sedekah bumi,” seluruh petani di Kelurahan Maluhu akan menyumbangkan hasil bumi pertaniannya. Hasil-hasil ini akan dibentuk menjadi gunungan raksasa yang kemudian akan dibagi-bagikan kepada warga Maluhu yang hadir.

Tri Joko berharap bahwa masyarakat Maluhu akan berbondong-bondong datang ke acara ini untuk ikut serta dalam kegembiraan sedekah bumi ini.

Tidak hanya merayakan budaya dan tradisi, Hiburan Rakyat Kelurahan Maluhu juga memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Pihak kelurahan telah menyiapkan beragam tenant bagi warga Kelurahan Maluhu yang ingin berjualan selama acara berlangsung.

“Kami telah menyiapkan stand-stand untuk jualan, sehingga warga bisa menjual produk mereka dan menghasilkan pendapatan tambahan,” pungkasnya.

Hiburan Rakyat Kelurahan Maluhu bukan hanya acara biasa, tetapi juga merupakan perayaan yang memadukan nilai-nilai tradisional, budaya, dan ekonomi lokal.

Kelurahan Maluhu, siap menyambut kedatangan masyarakat luas dan mengundang semua orang. Untuk, merayakan bersama dalam kebersamaan dan semangat gotong-royong yang selalu mendominasi di Kelurahan Maluhu.

[ADV/MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *