Scroll untuk baca artikel
Disdikbud Kaltim

Disdikbud Kaltim Beri Bekal Sertifikat Profesi Untuk Semua Lulusan SMK

126
×

Disdikbud Kaltim Beri Bekal Sertifikat Profesi Untuk Semua Lulusan SMK

Sebarkan artikel ini

Ket: Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniwan usai bekali lulusan SMK dengan sertifikat kompetensi. (Hafif Nikolas/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Mewujudkan misi Kalimantan Timur untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim perkuat pengetahuan dan kompetensi pada siswa SMK di Kaltim.

Peserta didik yang ada dibangku 11 dan 12 SMK se-Kaltim, bakal mendapatkan pelajaran dan keterampilan khusus untuk siap pada dunia kerja. Dengan bantuan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Disdikbud Kaltim terbitkan sertifikat kompetensi disatuan didik kejuruan.

Kepala Bidang SMK Disdikbud Kaltim Surasa sampaikan saat ini telah terdapat 16 LSP di Kaltim yang akan membantu untuk memberikan sertifikat kompetensi kepada peserta didik.

“Pada bulan Mei tahun ini, LSP di wilayah Kalimantan Timur berjumlah 16, dan akam bertambah terus hingga akhir tahun. LSP kami telah membantu melaksanakan sertifikasi uji kompetensi ke peserta didik sebanyak 21.640 siswa-siswi SMK,” ucap Surasa, pada Kamis (2/11/2023).

Saat ini sertifikat sayang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan, apalagi dalam sektor industrial. Di Kaltim sendiri banyaknya pekerjaan industri jadi pilihan lulusan SMK.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi memberikan keringanan dalam pembayaran sertifikasi yang dilakukan LSP melalui anggaran daerah.

“Sertifikat ini sangat berguna dalam dunia pekerjaan. Sebelumnya biaya sertifikasi ini dibebankan oleh orang tua yang bersangkutan, alhamdulillah untuk sekarang  bisa di bantu dengan biaya pemerintah melalui komitmen Gubernur Kaltim,” ungkap Surasa.

Selain diberikan ijazah dan sertifikat kompetensi. Surasa ingin peserta didik dari sekolah kejuruan dapat menguatkan mental untuk bersaing.

Jadi semua aspek kesiapan yang dilakukan para lulusan SMK dapat menjadi modal dalam menyambut dunia pekerjaan. Bukan hanya fokus kepada kompetensi dasar namun perlu juga kompetensi yang lainnya.

“Harapannya, selain diberikan ijazah serta sertifikat kompetensi, peserta didik juga harus memiliki kekuatan mental serta psikologi yang baik. Disdikbud Kaltim akan terus menggodok alumni SMK bersertifikasi agar siap menghadapi dunia pekerjaan,” pungkasnya.

[ADV/DISDIKBUD/EWI/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *