Kontraktor Lokal Perlu Terlibat Pembangunan IKN, Seno Aji : Berikan Dampak Positif

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji, mengamati keterlibatan peran kontraktor lokal di Kaltim, yang dirasa minim ikut terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pelaku usaha bidang kontruksi Kaltim, mestinya mendapat peranan turut andil berkontribusi membangun IKN. Sebab, kondisi geografis yang ada didalam wilayah berbeda dengan kondisi luar wilayah. Oleh karenanya, keterlibatan kontraktor lokal sangat diperlukan, sesuai dengan keadaan geografis tanah benua etam.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, mengatakan keterlibatan kontraktor lokal dapat memberikan nilai positif bagi daerah. Terlebih lagi, sebagai penyangga IKN sudah semestinya Kaltim ikut terlibat untuk menghargai kontruktor lokal.

“Adanya pembangunan IKN juga bisa memberikan dampak positif untuk daerah penyangga di sekitar IKN. Tapi, pelaku usaha bidang konstruksi juga harus jadi perhatian,” ujar Seno Aji, Minggu (5/11/2023).

Legislator Kaltim itu pun berpendapat, guna melibatkan kontruksi lokal membangun IKN, mesti melalui Kerja Sama Operasi (KSO) dengan BUMN dan Perusahaan Lokal.

“Dengan kerja sama itu, perusahaan konstruksi di Kaltim punya kesempatan untuk sama-sama membangun IKN. Dampaknya, banyak kelompok masyarakat Kaltim yang diberdayakan membangun IKN. Kami di Kaltim tentu ingin turut serta memberikan kontribusi bagi pembangunan negeri,” ungkapnya.

Ia pun meyakini, KSO merupakan mekanisme positif guna pengembangan ekonomi sekaligus pembangunan di benua etam secara menyeluruh.

Politisi Fraksi Gerindra itu pun juga memberikan apresiasi, kepada Pemerintah yang terus mendorong percepatan pembangunan IKN disusul ASN pada tahun 2024.

[ADV/RUL/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *