Muara Jawa Sulap Sampah Jadi Paving Block dan BBM

Camat Muara Jawa, Safrudin.(Dok)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Kecamatan Muara Jawa mengubah sampah menjadi barang bernilai jual tinggi. Sejumlah barang yang berhasil diolah ialah paving block dan BBM seperti solar, minyak tanah, dan bensin.

Upaya mengurangi penggunaan sampah di lingkungan masyarakat telah menjadi program unggulan yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Muara Jawa, Kukar.

Beberapa bank sampah kini telah dijalankan oleh pemerintah setempat guna mengolah sampah menjadi barang bernilai jual tinggi.

Selain itu, Pemerintah Muara Jawa telah mencanangkan program yang diberi nama Gerakan Muara Jawa Bersih.

Program tersebut mendapat sambutan positif oleh masyarakat dan stakeholder yang ada di Kecamatan Muara Jawa.

“Kita punya TPA dan di TPA itu sendiri sampah masih bisa di olah, baik itu sampah organik dan non organik,” ucap Camat Muara Jawa, Safrudin pada Senin (13/11/2023) siang.

Adapun sejumlah barang yang sudah berhasil diolah dari bahan baku berupa sampah ini, di antaranya paving block serta Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti solar, minyak tanah, dan bensin yang berasal dari sampah plastik. “Jadi sampah-sampah yang dikumpulkan oleh bank sampah itu dikumpulkan dan diolah,” katanya.

Sementara itu, sampah non organik yang dikumpulkan dari masyarakat diolah menjadi berbagai olahan pupuk pertanian.

“Ke depan, pihaknya akan terus mengembangkan bank sampah di seluruh kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Muara Jawa,” pungkasnya.

[ADV/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *