Upacara Hari Pahlawan Bupati Kenang Jasa Pejuang Tanah Kukar

Bupati Kukar Edi Damansyah, pada agenda upacara Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023.(Dok)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, menghadiri upacara Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023, di Lapangan Bola Kecamatan Muara Kaman, pada Jumat (10/11/2023).

Selain upacara, terdapat rangkaian kegiatan lainnya untuk mengenang jasa para pahlawan terdahulu. Hal itu, ditandai dengan, ziarah dan tabur bunga ke makam Muso bin Salim.

“Upacara hari pahlawan ini sebagai bentuk penghargaan, dan untuk mengenang jasa pahlawan pejuang bangsa khususnya yang berasal dari kecamatan Muara Kaman, pejuang asli dari Tanah Kutai Muso bin Salim,” ungkap Bupati Kukar.

Dalam kegiatan itu juga, bupati Edi Damansyah membacakan  sambutan tertulis Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, hari pahlawan ke-78 mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” ujarnya.

Dalam sambutan Menteri Sosial RI, juga menekankan definisi pahlawan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok atau diri sendiri.

“Ini adalah semangat dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945, yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Bersama-sama, kita membangun usaha dan ekonomi kerakyatan untuk menjadikan Indonesia negara yang makin maju, makin sejahtera,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan rasa syukur bahwa semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan kini terasa di seluruh pelosok negeri.

Semangat ini diyakini berasal dari nilai-nilai perjuangan para Pahlawan Bangsa pada tahun 1945.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltim Bakal Tingkatkan Pengawasan Terhadap Kinerja Kepala Sekolah

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” seru Bupati Edi Damansyah mengakhiri sambutannya.

[ADV/MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *