Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDiskominfo PPU

Makmur Marbun Deklarasikan Gerakan Kesehatan Di PPU: Transformasi untuk Indonesia Maju

125
×

Makmur Marbun Deklarasikan Gerakan Kesehatan Di PPU: Transformasi untuk Indonesia Maju

Sebarkan artikel ini

Dok. Pj bupati dalam kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59

MEDIAKATA.COM, PPU – Kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 digelar di lapangan Kantor Bupati PPU. Tema yang diusung kali ini adalah Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju. Penjabat (Pj) Bupati PPU, Makmur Marbun, dalam kesempatan tersebut, secara resmi mendeklarasikan Gerakan PPU Melawan Osteoporosis dan memimpin seremoni minum tablet tambah darah bagi para siswi di PPU sebagai langkah pencegahan stunting.

Dalam sambutannya, Makmur Marbun membacakan amanat Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengenai hak setiap orang dalam memperoleh pelayanan kesehatan, dengan menekankan tanggung jawab negara dalam menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.

“Berdasar mandat itulah, enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus menerus” ucap Makmur Marbun pada Kamis, (16/11/2023).

Enam pilar tersebut meliputi transformasi layanan primer (fokus pada pencegahan), transformasi layanan rujukan (kemudahan akses layanan kesehatan), transformasi sistem kesehatan (industri kesehatan mandiri di dalam negeri, sistem kesehatan tangguh di masa wabah), transformasi pembiayaan kesehatan (transparansi biaya dan efektivitas), transformasi sumber daya manusia kesehatan (cukup dan merata), dan transformasi teknologi kesehatan (sistem informasi yang terintegrasi).

Makmur Marbun menyoroti beberapa langkah yang telah dan akan dilakukan di PPU untuk mendukung pilar transformasi kesehatan tersebut. Sebagai contoh, ia merinci peluncuran aplikasi “Pencet RAPB” milik Rumah Sakit Ratu Aji Putri Botung (RS RAPB) untuk melayani pendaftaran dan kebutuhan pasien lainnya. Pj Bupati juga menyampaikan rencana untuk memiliki setidaknya tiga dokter umum di setiap puskesmas di PPU.

“Terakhir, yang tidak kalah penting, transformasi kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan” Tambahnya.

Makmur Marbun juga mengucapkan terima kasih kepada semua insan kesehatan yang telah berjuang dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia. Ia juga mengajak masyarakat PPU untuk turut serta membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Penajam dimeriahkan dengan senam bersama, pameran dari organisasi profesi kesehatan dan dinas, talkshow kesehatan, pembagian bantuan stunting, penyerahan penghargaan, dan doorprize. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *