Program Sekolah Penggerak Beri Imbas Pendidikan Di Kaltim

Ket: Kadisdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan sampaikan progres sekolah penggerak di Kaltim. (Hafif Nikolas/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Sudah sejak 3 tahun program sekolah penggerak di Kaltim dimulai. Banyak satuan pendidikan yang dapat contoh dari progres sekolah penggerak di Kaltim ini.

Sekitar 165 sekolah penggerak yang ada di Kaltim dari mulai SD, SMP, dan SMA. Hingga saat ini mulai terlihat berdampak bagi pendidikan yang ada di Kaltim.

Apalagi kurikulum merdeka yang wajib diterapkan bagi setiap sekolah. Jadi sekolah penggerak ini sebagai awal transformasi pendidikan yang lebih maju.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim Muhammad Kurniawan sampaikan progres sekolah penggerak di Kaltim. Sampai saat ini sudah dibuat paparannya sebagai media tiru untuk sekolah-sekolah.

“Kan bagus ini, kalau dilihat ini sudah jadi uploadting sekolah di Kalimantan Timur,” ucap Kurniawan, pada Rabu (15/11/2023).

Tiap-tiap satuan pendidikan di Kaltim telah mulai mencontoh dan menerapkan. Program yang dilakukan dari sekolah penggerak yang ada.

Sampai saat ini, tingkatan SMA ada 5 sekolah penggerak yang ada. Kedepannya Dinas akan mengusulkan beberapa sekolah yang ada di daerah pedalaman untuk dijadikan sekolah penggerak.

“Mudah-mudahan ya, ini kan kami usulkan ke kementrian. Kemudian kementrian yang menetapkan,” lanjutnya.

Prioritas pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah pedalam. Sangat perlu untuk dibentuk sekolah penggerak.

Seperti di SMA 1 Kota Bangun sebagai salah satu sekolah di daerah pedalaman. Saat ini telah menjadi contoh sekolah-sekolah disekitarnya.

[ADV/DISDIKBUD/EWI/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *