Komisi IV DPRD Kaltim Tekankan Pentingnya Tingkatkan Fasilitas Perpustakaan

Dok.Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin. (Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Salehuddin, menyoroti minimnya perhatian terhadap fasilitas perpustakaan Provinsi. Ia pun mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk memberikan perhatian khusus terhadap sarana prasarana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim.

Perpustakaan merupakan tempat masyarakat mengembangkan minat membaca dan literasi. Pasalnya, disitulah masyarakat dapat dinilai mampu meningkatkan kualitas kemampuan dirinya, yang berdampak pa
ada kemajuan bangsa dan negara.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin menjelaskan, saat ini fasilitas perpustakaan daerah kurang mendapatkan perhatian dan pemeliharaan fasilitas. Padahal, kehadiran ruang baca sangat penting untuk meningkatkan minat masyarakat dalam membaca. Pun juga, itu sebagai upaya strategis dalam mendukung literasi dan kemajuan daerah.

“Jika ingin menumbuhkan minat baca masyarakat, maka fasilitas perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik, agar mampu mendorong masyarakat datang ke perpustakaan daerah,” ungkap Salehuddin, Rabu (29/11/2023).

Politisi Partai Golkar itu mengingatkan, rendahnya tingkat literasi dapat berdampak negatif pada daya saing masyarakat Kaltim, baik dalam hal keahlian maupun pendapatan.

Selain itu, Legislator Kaltim itu menegaskan bahwa peningkatan literasi menjadi langkah penting menghadapi peran aktif dalam Indonesia Knowledge Net (IKN) Nusantara.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan perpustakaan, Salehuddin berharap, hasil Reses yang telah dihimpun, dapat segera dilakukan pengalokasian oleh Pemprov untuk pemenuhan kebutuhannya.

Menurutnya, Reses ini dianggap sebagai langkah awal dalam perencanaan pembangunan yang berkelanjutan bagi Kaltim.

“Hasil Reses ini merupakan pintu awal perencanaan yang baik, sekaligus masukan yang sangat berharga bagi pembangunan Kaltim kedepannya,” pungkasnya Salehuddin.

[ADV/RUL/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *