Kebutuhan Logistik Pemilu 2024 Telah Diterima, KPU Samarinda Sekarang Dalam Tahap Penataan

Dok. Para petugas dan relawan tengah melipat surat suara Pemilu 2024. (Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, mengumumkan keperluan seluruh logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 telah terpenuhi di Kota Tepian. Mengingat waktu terus berjalan, pihaknya sedang dalam proses penataan serta pengemasan, guna mencapai target waktu pendistribusian ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) pada awal Februari.

Dalam rangka mensukseskan Pemilu mendatang, kelengkapan logistik merupakan hal utama yang mesti menjadi sorotan. Pasalnya, dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, bisa dipastikan keberhasilan proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar.

Layaknya mendukung sistem demokrasi, ketersediaan surat suara, kotak suara, tinta, dan perlengkapan logistik lainnya menjadi perantara hak pilih warga negara dalam memilih seorang pemimpin yang diyakini pribadi masing-masing.

Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat menjelaskan, bahwa semua logistik tersebut telah diterima secara bertahap mulai November 2023 hingga pertengahan Januari 2024.

Berdasarkan keterangannya, logistik terakhir yakni surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, surat suara untuk pemilih tunanetra, kertas plano, dan formulir A4 yang sebelumnya ditunggu, telah terpenuhi pertanggal 10 Januari lalu.

“Logistik tersebut datang sekitar tanggal 10 Januari dan langsung dibawa oleh petugas menuju Gudang KPU untuk dilakukan sortir dan pengemasan sesuai dengan kebutuhan kegiatan pada hari pencoblosan di masing- masing tempat pemungutan suara,” ungkapnya Firman, Senin (15/1/2024).

Firman membeberkan, petugas penyelenggara bersama para relawan masyarakat tengah melakukan pengerjaan lipat dan sortir surat suara.

Pasca proses pelipatan selesai, lanjutnya, petugas akan mengeset logistik berupa surat suara, tinta, bantalan pencoblosan, formulir Pemilu untuk dimasukkan ke dalam kotak suara, sesuai dengan jumlah kebutuhan tiap TPS di Kecamatan.

Baca Juga :  Beredar Kabar Cantumkan Kategori Wisudawan Terlama, UINSI Samarinda Tuai Kritik

“Saat ini, para petugas dan relawan sedang aktif terlibat melipat dan menyortir surat suara. Setelah pelipatan selesai, logistik akan dikemas sesuai kebutuhan untuk masing-masing TPS,” ucap Firman.

Ketua KPU itu menambahkan, kegiatan sortir dan pelipatan sudah berlangsung selama sepekan, dimulai pada 7 Januari 2024. Dan diketahui saat ini, sekitar 90 persen logistik sudah disortir dan disiapkan, dengan target penyelesaian minimal dua hari ke depan.

“Untuk logistik yang telah disortir dan di set kurang lebih 90 persen, target kami sekitar dua hari lagi akan tuntas,” jelasnya.

Ia menuturkan, terdapat kejadian yang tidak terduga berkaitan dengan kebutuhan Logistik. Yakni, ditemukannya surat suara dalam kondisi rusak.

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya masih dalam tahapan rekap, sehingga ia belum bisa memastikan logistik yang diterima tersebut sudah cukup terpenuhi atau membutuhkan cadangan lebih dari KPU Pusat.

“Berdasarkan laporan petugas tidak banyak ditemukan surat suara rusak, semoga saja logistik yang datang ini cukup untuk kebutuhan pemilu di Samarinda,” tuturnya Firman.

Ia pun berharap, kebutuhan logistik Pemilu 2024 yang terdiri dari dua jenis logistik, yakni logistik utama seperti surat suara, formulir penghitungan, dan rekapitulasi, serta logistik pendukung seperti bilik, tinta, dan alat coblos, dapat terpenuhi dengan baik. Agar dapat didistribusikan segera sebelum Pesta Demokrasi di laksanakan.

“Saya berharap, semua kebutuhan suara dan TPS dapat terpenuhi dengan aman. Selain itu, untuk warga Kota Samarinda, hadirilah TPS, karena kami sudah menyiapkan semua keperluannya,” pungkasnya.

[RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *