Diskominfo Kukar

Dispora Gelar Pelatihan, Pancing Inovasi Pemuda Terhadap Pertanian

50
×

Dispora Gelar Pelatihan, Pancing Inovasi Pemuda Terhadap Pertanian

Sebarkan artikel ini

Dok.Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) mengambil langkah inovatif dengan menyelenggarakan pelatihan khusus bagi pemuda.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, menyatakan tujuam dari pelatiham ini, untuk mengubah mindset masyarakat, terkhusus anak muda terhadap sistem pertanian modern. Salah satu program unggulan dalam pelatihan ini, adalah kelas barista.

“Kami ingin pemuda tidak hanya melihat pertanian dari sisi tradisional, tetapi juga sebagai peluang usaha yang menguntungkan,” ungkapnya kepada awak media, pada Rabu (24/4/24).

Aji Ali Husni menjelaskan bahwa, pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi pertanian modern di Kukar, dengan harapan dapat mendorong pemuda untuk lebih aktif dalam sektor pertanian, terkhusus petani kopi.

“Dengan pelatihan ini, kami ingin pemuda dapat berkontribusi tidak hanya sebagai petani, tetapi juga sebagai pelaku usaha yang memahami nilai jual produk pertanian,” imbuhnya.

Meskipun fokus utama adalah kopi, Aji Ali Husni menyebutkan bahwa Dispora Kukar juga akan mencontoh Daerah Jonggon dan Long Anai yang telah sukses dalam potensi kebun cokelat atau kakao.

“Kami ingin para pemuda tidak hanya pandai membuat kopi, tetapi juga mengerti cara mengelola potensi pertanian kopi yang ada,” tambahnya.

Aji Ali Husni menekankan bahwa meskipun tantangan yang dihadapi cukup kompleks, Dispora Kukar tetap optimis, untuk menarik minat pemuda dalam menekuni pertanian.

“Kami memiliki banyak pekerjaan rumah, tetapi kami yakin dengan fokus dan pembinaan yang tepat, kami dapat memotivasi mereka untuk terlibat,” pungkasnya.

[MII]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *