DPRD Bontang Apresiasi Pemkot Bontang Kembali Raih Opini WTP Ke-10 Kalinya

Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang kembali memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Teks Foto: Rapat Paripurna ke-10 masa sidang III DPRD Kota Bontang.

MEDIAKATA.COM, Bontang– Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang kembali memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI pada laporan keuangan Kota Bontang tahun anggara 2023. Hal itu diungkapkan Badan Anggran (DPRD) Kota Bontang Rustam pada Rapat Paripurna ke-10 DPRD Bontang, Selasa (7/7/2024).

Ia mengatakan, perolehan opini WTP tersebut merupakan kali ke 10 yang didaptkn Pemkot Bontang terhitung sejak tahun 2014 hingga 2024. “Untuk itu, DPRD Kota Bontang memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas capaian yang diperoleh,” ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, sesuai dengan Permendagri Nomor 13 Tahun 2010 DPRD Kota Bontang akan melakukan pengawasan terhadap hasil pemeriksaan BPK tersebut, dengan memberi dorongan Pemkot Bontang untuk tetap mempertahankan perolehan opini WTP dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Kita juga menghimbau agar pemerintah memperhatikan tiga rekomendasi dari BPK berdasarkan hasil pemeriksaan,” tuturnya. Diantaranya terkait pengelolaan dan penataan retribusi daerah, kekurangan bolume dan mutu paket pekerjaan belanja modal jalan, irigasi dan jaringan, serta penatausahaan aset tetap yang belum sesuai dengan ketentuan pengelolaan daerah.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bontang Basri Rase mengucapkan rasa syukurnya atas perolehan opini WTP yang kembali didapatkan Pemkot Bontang. Ia mengatakan, pihaknya akan berkomitmen dan secara pro aktif melakukan upaya maksimal menyelesaikan rekomendasi hasil pemeriksaan dari BPK.

“Kami merasa beryukur atas perolehan yang opini WTP yang kembali didapatkan, dan tetap memperhatikan catatan yang telah diberikan BPK untuk ditundaklanjuti,” pungkasnya.

Adv/NR/05