Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDPK KALTIM

DPK Kaltim Terima Kunjungan Siswi MPLB SMK TI Labbaika Samarinda

117
×

DPK Kaltim Terima Kunjungan Siswi MPLB SMK TI Labbaika Samarinda

Sebarkan artikel ini

Dok.Foto bersama antara guru dan siswi SMK TI Labbaika dengan pihak DPK Kaltim. (Syahrul/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK ) Kalimantan Timur (Kaltim) menerima kunjungan belajar dari Siswa Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Industri (TI) Labbaika Samarinda, di Aula Kearsipan, lantai 2, Gedung DPK Kaltim, Samarinda Seberang.

DPK Kaltim sebagai lembaga pemerintah yang berfokus pada bidang perpustakaan dan kearsipan, memiliki sifat keterbukaan bagi siapa saja yang ingin mengetahui kinerja lembaga kearsipan.

Kali ini, pihak SMK TI Labbaika mengadakan kunjungan belajar ke Gedung kearsipan DPK Kaltim, guna memahamkan siswi jurusan MPLB.

Berdasarkan ungkapan Ketua Jurusan MPLB SMK TI Yulianti Mangalik, kunjungan tersebut menjadi salah satu upaya memberikan pengalaman belajar yang menunjang jurusan pendidikan yang ditempuh oleh Siswi kelas X.

“Anak-anak ini didatangkan kesini untuk dibekali tentang pengetahuan kearsipan, yang nantinya ilmu kearsipan ini sangat penting untuk mereka dapatkan menunjang kelulusan nantinya,” ungkapnya Kepala jurusan MPLB, Rabu (15/11/2023).

Ia mengungkapkan selain belajar, para siswi yang hadir juga diperkenalkan tentang kearsipan oleh pihak DPK Kaltim. Agar, para siswi dapat menyerap, betapa pentingnya arsip di kehidupan.

“Kemarin saya mendapatkan izin untuk bisa berkunjung ke sini , selain belajat anak-anak nanti akan dibawa mengelilingi kantor kearsipan ini untuk melihat bagaimana sih penataan arsipnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para siswi disuguhkan beberapa keilmuan tentang kearsipan. Seperti Peraturan tentang Kearsipan, jenis arsip, tata cara kelola arsip.

“Ada pengetahuan tentang arsiparis sendiri itu diberikan kepada kami tadi. Seperti apa itu arsip, apa itu pengelolaan arsip, macam-macam arsip mulai dari arsip aktif, inaktif, statis,” bebernya.

Yulianti berharap, pembelajaran yang didapatkan oleh para siswi kali ini, dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya. Mulai dari menciptakan, menyimpan, hingga menjaganya.

“Harapannya ya mereka bisa mengaplikasikannya nanti. Mulai dari hal kecil saat di rumah. Semoga mereka bisa memberi informasi atau pengetahuan barunya sehingga bermanfaat kedepannya,” pungkasnya.

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Siswi SMK TI Labbaika sebanyak 56 orang kelas X. Serta didampingi oleh 3 pihak guru.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *