Scroll untuk baca artikel
DaerahKabupaten PaserUncategorized

Upaya Peningkatan Perekonomian Daerah, KADIN Kabupaten Paser Fokus Pengembangan Dan Sertifikasi UMKM

247
×

Upaya Peningkatan Perekonomian Daerah, KADIN Kabupaten Paser Fokus Pengembangan Dan Sertifikasi UMKM

Sebarkan artikel ini
Teks. Ketua KADIN KAB. PASER, Abdurrahman KA. (mediakata.com)

MEDIAKATA.COM, KAB. PASER – Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Paser merancang strategi optimalisasi pengembangan dan pemberdayaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pada kesempatan tersebut Abdurrahman KA selaku Ketua KADIN menyampaikan dengan terpilihnya UMKM di Kabupaten Paser merupakan sarana yang sangat berpotensi kuat untuk peningkatan modal usaha, baik dalam aspek-aspek ekonomi, sosial yang sejak lama ingin di kembangkan oleh pihak swasta maupun pemerintah.

“UMKM harus terus diberdayakan secara khusus di kabupaten Paser ini yang merupakan pondasi dan basis perekonomian nasional, yang mana nantinya, Kabupaten Paser juga sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang harus mampu menjaga kestabilan ekonomi di masyarakat, swasta dan Pemerintah”. Ujarnya. Rabu, (13/09/2023)

Pada kesempatan yang sama dari pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (DISPERINDAGKOP DAN UKM) Kabupaten Paser, menginformasikan sejumlah Data pelaku UMKM yang mencapai 45.342 orang yang tersebar di daerah Kabupaten Paser.

“Dari jumlah data pelaku usaha yang tersebar hingga saat ini, sudah mencapai 45.342 orang, maka penting untuk di fokuskan pemberdayaan UMKM ini sebagai penopang perekonomian masyarakat kita”, lanjutnya.

Program yang akan di canangkan sebagai langkah untuk peningkatan UMKM tersebut, yakni, dengan membuat Pelatihan Kewirausahaan, Analisis Usaha Peningkatan Modal, Pendampingan Perizinan Usaha, hingga sertifikasi pangan, dan program tersebut akan berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten Paser melalui dinas terkait.

“Kita akan sinergikan dengan pemerintah daerah, agar puluhan ribu pelaku usaha UMKM yang kini bersaing di kelasnya”, sambungnya.

AZ/AVD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *