Scroll untuk baca artikel
Diskominfo Kukar

Kelola Ekosistem Gambut di Kukar, Pemkab Koordinasi Langsung Pemerintahan Jerman

192
×

Kelola Ekosistem Gambut di Kukar, Pemkab Koordinasi Langsung Pemerintahan Jerman

Sebarkan artikel ini
Rapat Koordinasi antar Pemkab Kukar dengan Pemerintahan Jerman.(Ist)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendorong peningkatan Ekonomi di Kawasan Desa Mandiri Peduli Lingkungan dengan project kerjasama pengelolaan lahan gambut yang dicanangkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia

Dalam merencanakan project tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar mengadakan rapat koordinasi dengan Pemerintahan Jerman atau German Agency for Internayional Cooperatin (GIZ) melalui LHK RI di Ruang Rapat Asisten II Setkab Kukar Kantor Bupati, pada Senin (25/9/2023)

Adapun wilayah project pengelolaan gambut berada di kawasan Muara Muntai, Muara Kaman di wilayah tersebut nantinya akan dijadikan sebagai pilot project desa mandiri peduli lingkungan.

Asisten II Setkab Kukar Wiyono menyampaikan adanya project ini guna memberdayakan peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan lahan gambut yang ada di Kukar.

“Pemkab Kukar menyambut baik atas project kerjasama pengelolaan lahan gambut di Kutai Kartanegara, diharapkan dengan adanya project tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, terutama di kawasan desa mandiri peduli lingkungan dapat diberdayakan dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” tutur Wiyono.

Menurutnya, upaya adaptasi pembangunan wilayah perlu perhatian ketika dilakukan di ekosistem gambut penyesuaian dengan karekteristik ekosistem gambut serta dalam rangka menghadapi dampak dari perubahan iklim.

“Artinya, fenomena perubahan iklim juga menimbulkan dampak pada ekosistem gambut, hal ini perlu direspon dengan pola adaptif dan berkelanjutan untuk meningkatkan ketahanan ekosistem gambut dari kerusakan dan degradasi lingkungan, sehingga dampaknya pun dapat dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya.

Direktorat Kementrian LHK Huda Achsani menyatakan, pihaknya terus mendorong adanya desa mandiri peduli lingkungan sehingga diharapkan masyarakat disekitar desa tersebut betul-betul peduli dan menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga :  Wakil Bupati Kukar Kunjungi Masjid Baitul Amin Kecamatan Sangasanga

“Kementrian LHK terus mendorong di wilayah-wilayah ekosistem gambut, seperti desa mandiri peduli lingkungan, sehingga kelestarian lingkungan sekitar dapat terus terjaga dengan baik,” imbuhnya.

[ADV/MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *