Scroll untuk baca artikel
Diskominfo Kukar

Rendi : Kukar sudah 45 Persen Lebih Jadi Penyuplai Pangan Terbesar di Kaltim

210
×

Rendi : Kukar sudah 45 Persen Lebih Jadi Penyuplai Pangan Terbesar di Kaltim

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin berpose denga. hasil panen padi di Desa Bukit Raya Samboja.(Azmi/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin membersamai kegiatan panen padi dengan petani di Desa Bukit Raya Samboja pada, Rabu (13/09/2023) siang.

Momen panen padi merupakan momen yang sangat dinantikan oleh petani padi. Pasca menunggu berbulan-bulan sembari menggarap sawah penuh dengan peluh.

Dalam hal ini, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihinpun turut andil merasakan kegembiraan panen padi hasil kerja keras para petani.

“Panen padi hampir 1 hektar ini tentunya merupakan hari yang membahagiakan bagi petani, khususnya yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gaptokan) Desa Bukit Raya Kecamatan Samboja,” ujar Rendi dengan bangganya.

Ia juga mengatakan, memang harus disadari tidak mudah untuk menjadi petani apalagi dengan kondisi saat ini, yang tidak menentu, baik kondisi iklim, serangan hama penyakit. 

Ketersediaan sarana produksi terbatas termasuk aspek pemasaran yang sulit.
Seringkali juga panen yang diperoleh petani tidak sesuai harapan, karena gagal panen. Sebagai akibat dari serangan hama penyakit, kekeringan atau kebanjiran.

Hasil pertanian dalam arti luas di Kukar, kata Rendi sudah menjadi lumbung pangan di wilayah Kalimantan Timur, Kukar sudah 45 persen lebih menjadi penyuplai pangan terbesar di wilayah Kalimantan Timur.

“Semua ini berkat kerja keras, kerja bersama para petani sekalian, dalam mengembangkan pertanian di wilayah Kukar,” ujarnya

Rendi menambahkan bahwasannya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan lebih berfokus pada peningkatan sumber pertanian melalui Program Kukar Idaman.

“Untuk itu Pemkab Kukar melalui Program Kukar Idaman berkonsentrasi penuh untuk meningkatkan sumber pertanian kita dalam artian luas untuk menunjang kesejahteraan Kutai Kartanegara dan menunjang ekonomi yang berkelanjutan bagi Kutai Kartanegara kedepannya,” tutupnya.

Baca Juga :  SMK Pusat Keunggulan Sukses Gelar Job Fair 2023

[MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *