Scroll untuk baca artikel
Diskominfo Kukar

Sultan Kutai Kartanegara dan Forkopimda Terjun Langsung Beseprah Bersama Masyarakat

93
×

Sultan Kutai Kartanegara dan Forkopimda Terjun Langsung Beseprah Bersama Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Sultan beserta Forkopimda beseprah bersama masyarakat.(Azmi/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Rangkaian Erau Adat Pelas Benua Tahun 2023 “Beseprah”, dihadiri langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin beserta Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kutai Kartanegara duduk dan makan bersama lapisan masyarakat, pada Selasa (26/9/2023) pagi.

Acara Beseprah dilaksanakan di sepanjang Jalan Diponegoro depan Keraton museum Mulawarman.

Beseprah merupakan kegiatan duduk dan makan bersama masakan setta kue khas Kutai Kartanegara (Kukar).

Tradisi makan beseprah sendiri memiliki makna duduk sama rendah berdiri sama tinggi, yang mana prosesi beseprah sendiri memiliki makna filosofis yang menekankan pentingnya kebersamaan, keramahtamahan, kesetiakawanan sosial, serta persaudaraan?

Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Arifin, Bupati Kukar beserta unsur Forkopimda mengawali acara tersebut dengan dengan pembacaan titah dan pemukulan kentongan.

Kegiatan yang dirangkai dengan Peresmian Taman Titik Nol Kesultanan Kutai Kartanegara tersebut, selain dihadiri Bupati Kukar nampak juga dihadiri diantaranya Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, Dandim 0906 KKR Letkol Inf Jefry Satria, Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena, Ketua Pengadilan Negeri Kukar Abdullah, Sekda Kukar H Sunggono.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya, mengapresiasi atas dukungan dan kontribusi seluruh pihak sehingga kegiatan beseprah tersebut bisa terselenggara dengan baik dan lancar.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi, yang sudah menyediakan makan dan minum pada pagi hari ini,” ujar Bupati Kukar tersebut.

Bupati Kukar juga berharap agar pelaksanaan beseprah ini bisa bermanfaat dan membawa keberkahan bagi Kukar khususnya Tenggarong.

“Karena bau sanga cabeknya (Bau Sambalnya) harum jadi langsung aja Bismillahirrahmanirrahim beseprah kita mulai,” pungkasnya.

[ADV/MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *