Scroll untuk baca artikel
Diskominfo Kukar

Wakil Bupati Kukar Salurkan Bantuan Pupuk NPK Bagi petani di Desa Raya Samboja

87
×

Wakil Bupati Kukar Salurkan Bantuan Pupuk NPK Bagi petani di Desa Raya Samboja

Sebarkan artikel ini
Penyerahan bantuan pupuk kepada petani desa bukit raya Samboja.(Dok: Kominfo Kukar)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) serahkan bantuan Pupuk NPK untuk petani di Desa Bukit Raya Samboja, pada Rabu (13/09/2023) siang.

Dalam kunjungannya, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin didampingi oleh Camat Samboja Damsik, Kepala Perhubungan Kukar Ahmad Junaidi, Pj Kepala Dinas Perkebunan Kukar Ahmad Taufik, Anggota DPRD Kaltim H Syamsun, Otoritas IKN, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), serta tokoh masyarakat setempat.

Selain berkunjung, Rendi Solihin berdialog dengan para petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) serta Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Dalam dialog tersebut Wakil Bupati Kukar mengatakan, berdasarkan data dan informasi yang ditemukan di lapangan termasuk hasil diskusi dengan para petani, setidaknya ada enam masalah/kendala utama yang dihadapi oleh petani selama ini dalam melakukan kegiatan usaha taninya. 

Enam masalah yang dimaksud ialah, pengairan/irigasi, jalan usaha tani, alat dan mesin pertanian (alsintan), pemasaran, regenerasi petani, serta akses mendapatkan BBM (Solar) untuk operasional alsintan.

“Semua masalah/ kendala utama tersebut telah kami tuangkan dan terakomodasi dalam visi dan misi, Cita Kukar Idaman,” ungakp Rendi.

Diungkapkan Rendi program prioritas/unggulan dan program dedikasi Edi – Rendi sudah sangat jelas dan tegas. Dimana salah satu fokus utama kami adalah pembangunan pertanian dan program hilirisasi produk pertanian.

“Kedua program prioritas tersebut dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan (Pemerintah) pusat, pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa,pelaku usaha, perguruan tinggi dan masyarakat utamanya pertani/nelayan akan melakukan intervensi mulai dari hulu sampai dengan hilir untuk meningkatkan daya saing sektor pertanian,” ucap Wakil Bupati Kukar.

Setelah berdialog dengan Poktan dan Gapoktan Rendi Solihin menyerahkkan bantuan berupa Pupuk NPK sebanyak 10 ton bagi Gakpotan Serumpun, bantuan pengembangan jagung dengan paket lengkap ( benih,pupuk NPK dan herbisida) bagi Poktan Subur Makmur dan bantuan pupuk NPK sebanyak 50 ton untuk kelurahan Sungai Merdeka.

[MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *