Pemkab Kukar Bakal Bangun Pabrik Industri Rumput Laut di Muara Badak

Bupati bersama Deputi Bidang UKM.(Ist)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Bupati Kutai Kartanegara meminta Kementrian Koperasi (Kemenkop) dampingi pembangunan Pabrik Industri Rumput Laut di Muara Badak

Rombongan Kemenkop dan Usaha Kecil dan Menegah (UKM) RI dipimpin oleh Deputi Bidang UKM Hanung Harimba Rachman, didampingi didampingi Ali (Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok UKM), beserta rombongan dan disambut langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah di Ruang Kerja Rumah Jabatan Bupati, pada Selasa (26/9/2023)

Dalam pertemuan itu, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) meminta Kementerian Koperasi dan UKM dapat membantu pemkab Kukar dalam membangun pabrik industri rumput laut dan beserta pengadaan mesin pabrik yang berada di kecamatan Muara Badak serta pabrik Tepung Jahe dan Minyak Atsiri di Desa Jonggon.

“Pemerintah Kabupaten Kukar membangun pabrik rumput laut di Muara Badak dan pengadaan mesinnya sendiri saat ini memasuki on proses lelang. Untuk itu saya meminta pendampingan dari Kementerian Koperasi dan UKM termasuk pabrik industri tepung jahe dan minyak Atsiri di Desa Jonggon,” ujar Bupati Kukar.

Kepala Dinas Perundustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Arfan Boma Pratama telah merancang pembangunan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) terkait Pengolahan Rumput Laut, sejalan dengan program ‘Kukar Idaman’ yakni memperkuat hilirisasi pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Insya Allah awal Januari tahun 2024 pengadaan mesin pabrik rumput laut dengan nilai kontrak sekitar Rp22 Miliar saat ini memasuki on proses pengadaan mesin pabrik . Diharapkan pembangunan infrastruktur seperti jaringan komunikasi kelompok IKM pengolahan rumput laut, penampung hasil panen rumput laut, dan jaringan pasar, serta membangun kemitraan dengan pemangku kepentingan atau stakholder melalui berbagai kegiatan dapat berjalan baik,” pungkas Arfan Boma.

Baca Juga :  Sekda Kukar Buka Agenda Konsinyering Gelaran Dinas PU

Sementara itu, Deputi Bidang UKM Hanung Harimba menyambut baik dan menyatakan kesiapannya dalam membantu Pemerintah Kabupaten Kukar dalam pembangunan pabrik rumput laut.

“Kementerian Koperasi dan UKM siap membantu apa yang diinginkan pemkab Kukar, saya akan mengutus tim nantinya untuk melakukan pendampingan, sehingga apa yang diharapkan pemkab Kukar dalam programnya yang juga seiring dengan program Kementerian Koperasi dan UKM terkait hilirisasi dapat merangkul semua UMKM yang ada di daerah,” ucap Deputi Bidang UKM.

[ADV/MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *