Disbun Kukar Luncurkan Aplikasi “PEKEBUN ONLINE”

Kini Laporan Lebih Mudah Diakses

Kabid Usaha dan Penyuluhan Dinas Perkebunan Kukar, Samsiar.(Ist)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Kepala Bidang (Kabid) Usaha dan Penyuluhan Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara (Kukar) Samsiar, meluncurkan aplikasi “PEKEBUN ONLIE”, guna mempermudah pelaporan dan monitoring kegiatan perusahaan perkebunan.

PEKEBUN ONLIE diluncurkan pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tahun 2023, di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD) Samarinda, pada Rabu (25/10/2023).

Kabid Usaha dan Penyuluhan Dinas Perkebunan Kukar Samsiar menyatakan, Dinas Perkebunan mempunyai fungsi monitoring dan evaluasi berdasarkan data perkembangan pembangunan perkebunan.

Untuk itu, hadirnya aplikasi ini adalah upaya lebih cepat untuk mengatasi keterbatasan data dan validasi data perkembangan dan kemajuan usaha perkebunan, peningkatan pelayanan, kemudahan bagi stakeholder/Perusahaan Besar Swasta (PBS) untuk menyampaikan data, pembaharuan cara pelaporan dari metode pembuatan dan penyampaian laporan semester perkembangan usaha perkebunan oleh perusahaan.

Selama ini, pelaporan dan pengawasan dilakukan secara manual, akan diubah menjadi pembuatan dan penyampaian laporan berbasis Teknologi Informasi (TI) secara online.

“Tujuan aplikasi ini adalah, minimalisir biaya, meringankan pekerjaan dalam menyusun laporan semester, menyampaikan dan memaanfaatkan laporan PBS,” ungkap Samsiar.

Lebih lanjut Samsiar menambahkan, aplikasi ini dipakai oleh Perusahaan Perkebunan Swasta, pihak perusahaan mengisi data untuk laporan kepada Pemda melalui Dinas Perkebunan, yang berisi Profil, Rencana dan realisasi pembangunan kebun inti, plasma, kemitraann, hambayan, kegiatan sosial lainnya.

“Data ini dimanfaatkan oleh Pemda untuk evaluasi dan monitoring kegiatan Persusahaan Perkebunan,” pungkasnya.

[ADV/MII/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *