Scroll untuk baca artikel
Diskominfo Kukar

Desa Loa Duri Ilir Tingkatkan Lingkungan Bersih dan Ekonomi Mandiri Melalui Bank Sampah

105
×

Desa Loa Duri Ilir Tingkatkan Lingkungan Bersih dan Ekonomi Mandiri Melalui Bank Sampah

Sebarkan artikel ini

Bank Sampah di Desa Loa Duri Ilir.(Azmi/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Pemerintah Desa (Pemdes) Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan jalankan program Bank Sampah, sebagai bentuk komitmen untuk mengimplementasikan kepedulian lingkungan khususnya masalah sampah.

Desa Loa Duri Ilir, memanfaatkan sampah rumah tangga sebagai olahan, dengan cara mendaur ulang, untuk menghasilkan produksi bernilai ekonomis, yang pada akhirnya dapat mendorngkrak peningkatan pendapatan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Loa Duri Ilir, Fakhri Arsyad, mengatakan bahwa pengelolaan sampah ini telah memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat. Dan juga lingkungan yang lebih bersih.

Lanjutnya, Pemerintah Desa Loa Duri Ilir bersama warga akan menggunakan mesin destilasi untuk mengelola sampah plastik, dengan tujuan menghasilkan solar.

“Langkah-langkah ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah yang baik dapat mengubah sampah menjadi sumber daya ekonomi.” ujar Kades Loa Duri ilir, Fakhri Arsyad saat kepada wartawan, Jumat (10/11/2023).

Fakhri mengungkapkan, Pemdes Loa Duri Ilir, telah mengubah tempat pembuangan akhir sampah menjadi objek wisata, yang telah meningkatkan citra desa dan membantu mencapai status desa mandiri di Kukar.

Dengan demikian, peningkatan produktivitas ini, diharapkan masyarakat desa akan mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik.

Terakhir, Ia menambahkan Pemdes Loa Duri Ilir juga telah mengadakan pelatihan pengelolaan sampah yang melibatkan ibu-ibu dalam organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Loa Duri Ilir.

Pelatihan ini, difokuskan pada konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) dengan memberikan pelatihan kreatifitas masyarakat.

“Hasilnya termasuk produk seperti tas, dompet, dan suvenir yang dihasilkan dari pemanfaatan sampah, dan produk-produk ini memiliki nilai jual dan dampak ekonomis yang positif,” imbuhnya.

[ADV/MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *