Legislator Kaltim Desak Pemprov Ambil Tindakan Tegas Atasi Parkir Sembarangan Truk Kontainer

Dok.Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono. (Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Nidya Listiyono, menyuarakan keprihatinannya terkait meningkatnya jumlah truk kontainer yang parkir sembarangan di sepanjang Jalan Untung Suropati Sungai Kunjang.

Persoalan parkir sembarangan/liar kerap dibahas. Karen kondisinya yang tidak beraturan, menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna kendaraan ataupun masyarakat sekitar.

Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono, mempertanyakan kebijakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim, yang kelihatannya memberikan izin tidak langsung terhadap parkir truk kontainer secara sembarangan di wilayah tersebut.

“Akibat parkir sembarangan truk kontainer, lebar badan jalan menyempit dan berpotensi membahayakan pengguna jalan lain. Ini harus segera diatasi,” ujarnya, Kamis (30/11/2023).

Ia menegaskan bahwa masalah ini dapat menciptakan pandangan negatif terhadap Dishub sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas ketertiban jalan umum.

“Dishub seharusnya bersikap tegas dalam menertibkan parkir truk di bahu jalan. Ini telah mengganggu kenyamanan para pengemudi,” tuturnya.

Legislator Kaltim itu menerangkan, bahwa antrian truk untuk mengisi bahan bakar bukanlah alasan tunggal, mengingat beberapa truk kontainer bahkan parkir di bahu jalan tanpa mengisi BBM.

“Antrian BBM tidak berlangsung sepanjang waktu. Pasti ada waktu-waktu tertentu yang sepi, namun truk kontainer terus-menerus parkir di Jalan Untung Suropati. Apakah hanya SPBU di sana yang menyediakan BBM? Padahal banyak SPBU lain yang menjual solar,” terangnya.

Dalam upaya menjaga ketertiban, Politisi Fraksi Golkat itu mendesak Dishub untuk segera mengambil langkah-langkah tegas. Guna menertiban jajaran truk kontainer yang parkir sembarangan.

“Dalam waktu dekat, kami akan memanggil Dishub untuk mendapatkan klarifikasi terkait hal ini,” pungkasnya.

[ADV/RUL/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *