Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDPRD Kota Samarinda

Puji Bahagia UHH Di Kota Samarinda Masih Di Atas Rata-rata Nasional

138
×

Puji Bahagia UHH Di Kota Samarinda Masih Di Atas Rata-rata Nasional

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti. (Iswan/Media Kata)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Angka Umur Harapan Hidup (UHH) adalah perkiraan rata-rata umur seseorang dan menajdo indikator menilai kesehatan masyarakat salam suatu Daerah, sehingga menjadi patokan dan evaluasi kerja pemerintah untuk mensejahterakan warganya.

untuk angka UHH di Kota Samarinda pada tahun 2022 mengalami peningkatan 74’56 persen di banding pada tahun 2020 hanya mencapai 74,27 persen.

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti menanggapi hal tersebut. Ia mengaku bangga, karena UHH di kota Samarinda masih berada di atas rata-rata Nasional.

Meskipun UHH Kota Samarinda masih di bawah angka UHH Kota Balikpapan dan pertumbuhan Ekonomi nya juga di atas Kota Samarinda.

“Kan balikpapan jumlah penduduknya separuhnya kita samarinda, meskipun ekonomi di atas kita tetapi kalau dibandingkan ya nggak jauh-jauh amatlah. Dan saya bangga Samarinda masih di atas rata-rata nasional,” ujarnya, ke mediakata.com.

Selanjutnya, Puji menjelaskan untuk angka harapan hidup juga memiliki beberapa aspek, seperti kesehatan, ketersediaan pangan, pendidikan, transportasi dan lainnya.

Tentunya untuk meningkatkan angka UHH tersebut, maka semua aspek itu harus bisa terpenuhi dengan baik dan memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

“Salah satu penghambat peningkatan aspek tersebut adalah persoalan data, menurut saya di samarinda ini masih banyak data-data yah belum akurat,” katanya.

Kemudian, Legislator Basuki Rahmat ini meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengupgrade data yang sudah ada. Baik data kemiskinan maupun data-data lainnya.

Politisi Demokrat ini juga menolak jika Samarinda dikatakan UHH nya rendah. Karena Kota Tepian ini adalah Kota terpadat di Kalimantan Timur.

“Samarinda sebagai ibu kota provinsi, selain jumlah penduduk yang padat dan masih memiliki masalah-masalah yang belum terselesaikan. Tetapi menduduki nomor 2 setelah balikpapan,” tandasnya. [ADV/ISN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *