Fx Yapan Beri Bantuan dan Tinjau Lokasi Kebakaran di Kampung Muhur Kubar

Bupati Kutai Barat, FX Yapan saat Memberikan Bantuan Langsung kepada Korban Musibah Kebakaran di Kampung Muhur, Kec.Siluq Ngurai, Kab. Kutai Barat. Selasa (22/8/2023). (Rangga/MEDIA KATA)

MEDIAKATA.COM, KUBAR – Bupati Kutai Barat FX Yapan,  mengunjungi lokasi kebakaran dan sekaligus menyerahkan bantuan konsumsi secara langsung kepada korban bencana kebakaran di kampung Muhur, Kecamatan Siluq Ngurai, Kabupaten Kutai Barat, Selasa (22/8/2023) siang.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kebakaran yang terjadi sekitar pukul 21.00 Wita tersebut menghanguskan 41 rumah, 17 Rumah Walet milik warga, dan 4 lamin. Yakni, Rumah adat panjang suku dayak. Sebanyak 62 KK dengan total 200 orang harus kehilangan rumahnya.

Bupati Kubar dalam kunjungannya yang didampingi beberapa intansi Kutai Barat yang terdiri dari Kapolres Kubar, Dandim Kubar, dan Kepala Camat Siluq Ngurai itu menyampaikan turut berduka atas insiden yang terjadi.

“Saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah menyampaikan rasa perihatin kita semua atas musibah ini. Dan inilah namanya musibah, kita tidak ada yang tau dan hanya yang maha kuasa yang mengetahui ini semua,” kata Fx Yapan kepada masyarakat yang terdampak di posko bantuan yang bertempat di lapangan SDN 001 Siluq Ngurai.

Fx Yapan mengakui, bantuan yang ia luncurkan kepada warga Muhur bukan beradal dari anggaran pemerintah, melainkan berasal dari dirinya pribadi.

“Ini bantuan dari saya pribadi, karena kalau menunggu melalui APBD itu ada tahap dan prosedur yang harus kita lewati. Setidaknya ini bisa meringankan walaupun belum tercukupi,” jelasnya.

Oleh karena itu untuk mencukupi bantuan bagi masyarakat Kampung Muhur yang terkena musibah, orang nomor 1 kabupaten Kutai Barat itu, akan memanggil instansi terkait untuk melakukan rapat bersama agar bisa menyalurkan bantuan yang lebih lagi.

Baca Juga :  Sopian Bersyukur Untuk Jumlah Dapil Jumlah Kursi DPRD Sudah Di Tetapkan

Yapan pun berpesan untuk tidak mencari siapa yang salah atas terjadinya insiden ini. Dan ia meminta kepada masyarakat Muhur untuk bergotong royong bersama-sama daling membantu satu sama lain.

“Saya minta semua pihak kita bertanggung jawab atas hal kejadian ini dan tidak mencari siapa yang salah, siapa yang kecewa ya semua pasyi kecewa. Dan saya minta mulai dari pemerintah kampung, pemerintah daerah, kecamatan, dan masyarakat saling berpegang tangan bahu membahu,” pungkasnya.

Untuk informasi penyaluran donasi dapat menghubungi 0853 9112 1694. Sedangkan penyaluran via transfer dapat melalui Nomor Rekening Bankaltimtara : 1598001363 Atas nama Ambrustian.

[RGA/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *