Disnakertrans Kukar Jalin Kerjasama Kelurahan Loa Tebu

Tingkatkan Kompetensi di Kalangan Pemuda

Lurah Loa Tebu, Rahimudin.(Azmi/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Kelurahan Loa Tebu Kecamatan Tenggarong, telah menjalin kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Kartanegara (Kukar). Untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pemuda di wilayah tersebut.

Lurah Loa Tebu Rahimudin, menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan pelatihan kepada sejumlah pemuda di kelurahan tersebut. Salah satu jenis pelatihan yang telah diadakan adalah pelatihan mekanik perbengkelan. Hal ini didasari agar tercapainya peningkatan keterampilan para generasi muda yang berada di Loa Tebu.

Lebih lanjut, Lurah Loa Tebu Rahimudin menyatakan pihaknya telah berkolaborasi dengan Disnaker Kukar yang kerap kali mengadakan pelatihan di Loa Tebu.

“Disini kami bekerjasama dengan Disnaker, kami menyediakan fasilitas pelatihan perbengkelan,” ungkap Lurah Loa Tebu kepada awak media pada Senin (30/10/2023).

Rahimudin menambahkan, tujuannya dari pelatihan ini, untuk memberikan pemuda kesempatan untuk memperoleh keterampilan yang berguna untuk pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

“Kami membimbing dan melatih mereka, sebagai bekal pasca lulus sekolah nanti,” imbuhnya.

Selain pelatihan di bidang mekanik perbengkelan, pihak kelurahan juga seringkali mengadakan program pelatihan khusus untuk ibu-ibu di Kelurahan Loa Tebu.

Jenis pelatihan yang sering dilakukan untuk para ibu adalah pelatihan menjahit, tata boga, dan tata rias.

Rahimudin menyatakan bahwa, antusiasme para ibu-ibu untuk mengikuti pelatihan ini sangat tinggi, dan mendapat sambutan hangat dari para pesertanya.

Dengan adanya pelatihan-pelatihan ini, Rahimudin berharap bahwa masyarakat yang mengikuti program pelatihan ini, akan memiliki bekal yang kuat untuk mengembangkan potensi diri mereka.

Hal ini memungkinkan masyarakat untuk membangun usaha mereka sendiri tanpa harus sepenuhnya bergantung pada pemerintah.

“Harapan kami adalah bahwa masyarakat yang telah mendapatkan pelatihan akan mampu membangun usaha mereka sendiri dan menjadi mandiri, tidak lagi bergantung pada pemerintah,” harapnya.

Baca Juga :  Run Street Ramadhan Cup, Kemeriahan Jelang Waktu Sahur

Kerja sama antara Kelurahan Loa Tebu dan Dinas Ketenagakerjaan Kukar. Merupakan langkah penting dalam pemuda dan ibu di wilayah ini. Untuk masa depan yang lebih cerah dan produktif.

[ADV/MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *