Disdikbud Kaltim

Disdikbud Kukar Komitmen Tingkatkan Jumlah Guru Penggerak

63
×

Disdikbud Kukar Komitmen Tingkatkan Jumlah Guru Penggerak

Sebarkan artikel ini

Teks: Sub Koordi­nator Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan SD Disdikbud Kukar, Bahruddin saat sambutan.(Topan Setiawan/MediaKATA)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara (Disdikbud Kukar) terus berkomitmen menin­gkatkan jumlah guru peng­gerak di wilayah ini.

Salah buktinya adalah dengan menggelar fasilitasi pendampingan pendidikan program guru penggerak tingkat SD di Ballroom Hotel Grand Fatma Teng­garong pada 9-12 Oktober 2023.

Dasar pelaksanaan ke­giatan sudah sangat jelas, UU tentang Pendidikan Na­sional dan UU tentang guru serta regulasi pendukung lainnya,” kata Sub Koordi­nator Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan SD Disdikbud Kukar, Bahruddin, baru-baru ini.

Menurut Bahruddin, dalam kegiatan ini ha­dir 167 guru yang tersebar di 18 kecamatan dengan narasumber dari Balai Guru Penggerak (BGP) Kaltim.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, menekankan bahwa menjadi guru penggerak harus didasari kesadaran diri ingin meningkatkan kualitas dan kapasitas sebagai guru.

“Jangan hanya berharap bisa diangkat jadi kepala sekolah, tapi menjadi pemimpin pembejaran di sekolah. Kep­sek hanya salah satu dam­pak saja,” sebut Joko.

Joko juga menyinggung jum­lah guru penggerak di Kukar masih minim, di mana dari 5.000 total guru SD, baru ada seki­tar 150 guru penggerak.

oko memastikan, Pemkab Kukar memberikan apr­esiasi kepada guru peng­gerak yang dibuktikan dengan pembagian laptop.

Jika ada guru penggerak yang belum mendapatkannya, maka hal itu sedang proses pengusulan untuk diberi laptop.

“Bahkan, Pemkab beren­cana memberikan insentif khusus bagi guru peng­gerak,” pungkasnya.

[ADV/DISDIKBUD/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *