Legislator Kaltim Dorong Terapan Perda PUG Terkait Kesetaraan Gender

Dok.Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji. (Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji, mendorong penerapan Peraturan Daerah (Perda) tentang pengarusutamaan gender (PUG). Menurutnya berdasarkan hasil revisi Perda Nomor 2 Tahun 2016, Komisi IV DPRD Kaltim sukses menciptakan regulasi yang kuat untuk memastikan hak setara bagi perempuan dan laki-laki di benua etam.

Telah diketahui, Perda tentang PUG telah disahkan beberapa waktu lalu. PUG sebagai strategi, menjadikan perspektif gender perlu disisipkan ketika menentukan kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan di Kaltim.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji memberikan apresiasi kepada Pansus Komisi IV, yang sukses menyelesaikan salah satu Raperda yang ditargetkan selesai sebelum akhir tahun.

Menurutnya, regulasi berkaitan dengan gender sangat diperlukan. Karena tuntutan zaman, yang dimana laki-laki dan perempuan boleh bersaing untuk sama-sama bersinergi dalam membangun negeri.

“Inisiatif ini sangat penting untuk memperkuat peran perempuan di masa depan di Kaltim,” ujarnya Seno Aji, Rabu (22/11/2023).

Legislator Kaltim itu menjelaskan, dasar perubahan Perda tersebut muncul akibat keterlibatan perempuan dalam membangun wilayah Kaltkm dirasa belum optimal.

Padahal, kuota bangku pemerintahan 30 persen yang disediakan untuk perempuan belum terpenuhi secara menyeluruh. Oleh karenanya, melalui Perda tersebut diharapkan peran perempuan dan laki-laki dapat saling berkolaborasi kedepannya.

“Kesetaraan gender bukan hanya hak individu, tetapi juga kunci untuk kemajuan masyarakat Kaltim,” terangnya Seno.

Politisi Fraksi Gerindra itu berharap, dengan adanya perda PUG, semoga dapat menciptakan keaktifan perempuan untuk terlibat dalam.oembangunan dan pengambil keputusan di benua etam. Sehingga, tidak ada lagi yang namanya ketidakseimbangan ataupun ketimpangan yang berlaku.

“Dengan dukungan penuh DPRD dan pemerintah provinsi, pengarusutamaan gender akan menjadi kenyataan, memberikan peran lebih kuat kepada perempuan dalam membentuk masa depan provinsi ini,” pungkasnya Seno.

[ADV/RUL/TSN]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *