Kadisdikbud Kaltim Tekankan Peningkatan Kualitas Meseum Daerah

Ket: Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan.(Syahrul/MediaKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, Muhammad Kurniawan sempat menghadiri seminar permuseuman yang digelar oleh UPTD Museum Mulawarman, pada Jumat (24/11/2023).

Dalam hal ini, revitalisasi museum jadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas museum demi melayani masyarakat sesuai dengan fungsi museum. 

Kurniawan optimistis bahwa seminar tersebut bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas untuk banyak pihak. Apalagi pada kesempatan tersebut, tampak beberapa pegiat seni budaya asal Kaltim, akademisi, hingga Kesultanan Kutai Kartanegara (Kukar). 

Dia mengatakan, pihak kesultanan dan akademisi dipastikan mampu memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan terkait gambaran masa lalu mengenai nuansa istana Kukar. Sebagai informasi, ada 4 pilar kebijakan permuseuman yang terkait dengan revitalisasi. 

Pertama, ada mencerdaskan bangsa, memperkuat kepribadian bangsa, ketahanan nasional, hingga wawasan Nusantara. Sehingga, seminar ini dinilai sangat penting untuk diikuti. 

“Saya yakin dengan adanya diskusi seperti itu apalagi menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang permuseuman, Museum Mulawarman bisa memberikan gambaran masa lalu terkait ruangan dan koleksi yang dulu digunakan oleh Sultan Aji Parikesit dan keluarga,” ungkap Kurniawan. 

[ADV/DISDIKBUD/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *