Kukar Raih Juara III dalam TTG se Kalimantan Timur

(Dok. Penyerahan piagam kepada Kukar dalam gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) X Tingkat Provinsi Kalimantan Timur)

 

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan juara III dalam gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Kompetisi ini diselenggarakan di Hotel Senyiur Samarinda dari tanggal 23 hingga 27 April 2024.

Melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kukar, Ariyanto, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini. Ia menjelaskan, dalam kompetisi ini, membawa tiga perwakilan desa, semuanya berasal dari Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Desa Suka Maju, Manunggal Jaya, dan Buana Jaya.

“Pemkab Kukar berhasil meraih juara ketiga dalam gelar lomba teknologi tepat guna Tahun 2024 ini,” ujarnya.

Peserta dari Kukar menampilkan beragam inovasi yang efektif. Salah satunya adalah desa Manunggal Jaya yang menghasilkan peralatan mesin sederhana untuk membuat pupuk organik cair dan padat dari limbah rumah tangga. Sedangkan desa Buana Jaya menciptakan alat pemipil jagung, dan desa Suka Maju menghasilkan produk olahan berupa paving blok.

Ariyanto menyatakan harapannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan TTG di masa yang akan datang. Meskipun sudah ada Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di Kukar, namun respons dari kelompok-kelompok posyantek belum optimal.

“Pemkab Kukar terus memberikan sarana, prasarana, dan dukungan dalam pemenuhan teknologi. Namun, apabila masyarakat belum memiliki minat untuk mengembangkan teknologi tepat guna, agak sulit,” ungkapnya.

Di gelar TTG ini, Desa Suka Maju Kecamatan Tenggarong Seberang, yang dipimpin oleh Yayuk Setia Hati, berhasil meraih trophy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan senilai Rp 10 juta. Pencapaian ini menjadi dorongan bagi Pemkab Kukar untuk terus mendorong inovasi dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan teknologi tepat guna.

Baca Juga :  Sekda Kukar Gaet Kerjasama Guna Lindungi Habitat Air Sungai Mahakam

[MII]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *