Scroll untuk baca artikel
Advertorial

Meriah ! Bed Competition Jadi Ajang Kreatifitas Pemuda di Dunia Industri Perhotelan

124
×

Meriah ! Bed Competition Jadi Ajang Kreatifitas Pemuda di Dunia Industri Perhotelan

Sebarkan artikel ini

Penyerahan cinderamata kepada moderator dan narasumber.(Berbi Ollan Yusuf/MEDIA KATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA  Indonesian House Keepers Association (IHKA) berkolaborasi bersama Mercure dan Ibis Hotel Samarinda sukses menggelar Bed Competition.

Sebuah ajang adu keahlian mengasah kemampuan di bidang housekeeping yang ada di industri perhotelan. Tentunya, hal tersebut menyasar kepada seluruh pekerja hotel maupun pemuda daerah. Untuk unjuk kebolehan di dunia industri perhotelan.

Untuk kompetisinya. Membagi peserta berdasarkan kelasnya. Yakni, pelajar atau mahasiswa dan industri atau perhotelan. 

Keseruan lomba dalam menata bed yang tepat, rapi dan benar berlangsung ketat yang dinilai para dewan juri di di Atrium City Centrum, pada Minggu (28/5/2023) siang.

General Manager Mercure Ibis Samarinda Budi Wahjono menjelaskan, latar belakang digelarnya making bed ini adalah untuk mengasah skill para peserta. 

Seorang housekeeping harus bisa making bed dengan prosedur yang benar, dan mengetahui step-stepnya. Di antaranya, menata buffet, sedangkan kriteria yang diterpakan dalam kompestisi meliputi tiga kategori,masing-masing untuk pelajar, mahasiswa dan industri.

“Bagi yang juara rencannya para pemenang akan kami ajukan ke pusat BPP IHK yang nantinya akan diadu di tingkat nasional. Apabila kompetisi nasional digelar mendatanf, kami pun siap menjadi tuan rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, Manager Hotel Verona Hendri Kurniawan, menambahkan peserta hadir hampir meliputi tiap daerah.

“Peserta dari kota Samarinda, Balikpapan, dan Tenggarong,” ungkap Manager Hotel Verona Hendri Kurniawan. 

Kendati demikian, Ia menyebut, lomba untuk pelajar atau mahasiswa dimulai dari pukul 15.00 Wita hingga selesai. Sedangkan untuk kategori industri atau perhotelan lomba digelar sejak pukul 19.00 Wita hingga selesai. 

Para peserta diberikan masing-masing durasi lima menit namun untuk kategori industri atau perhotelan ada tambahan peraturan yaitu harus mendekorasi handuk. 

Sedangkan untuk hari kedua, Hendri mengatakan, acara dilanjutkan acara talkshow dengan peserta dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mahasiswa, hotel dari Samarinda,Tenggarong dan Balikpapan di Crystal Ballroom Mercure Hotel Samarinda, Senin (29/5/2023). 

Talkshow ini bertemakan Kesiapan SDM Housekeeping Dalam Rangka Menyambut IKN dengan narasumber General Manager Mercure Ibis Samarinda Budi Wahjoni dan Kepala BPVP Samarinda Tuti Haryanti yang dipandu oleh moderator General Manager Hotel Grand Kartika Yuli Armunanto Somalinggi. 

Hendri mengatakan acara ini bertujuan untuk lebih mengenalkan housekeeping. 

“Dimana selama ini masih kurang peminatnya sedangkan untuk jenjang karir sampai ke top level yaitu General Manager sangat memungkinkan,” tambahnya.

Ia pun membeber beberapa contoh General Manager yang mempunyai latar belakang sebagai contoh housekeeping.

“Ketua umum asosiasi GM hotel (IHGMA), GM mercure Ibis, Hotel Grand Verona, GM Corporate Senyiur Group,” papar Hendri. 

Ia menyebut dengan adanya agenda ini diharapkan agar peserta mempunyai gambaran bahwa housekeeping bukan hanya masalah bersih-bersih. Namun juga memiliki jenjang karir. 

Apalagi, sebut Hendri, saat ini di IKN masih menggunakan rumah-rumah penduduk untuk menginap. Lanjutnya tidak menutup kemungkinan kelak perkantoran, rumah sakit, hotel turut membutuhkan tenaga housekeeping.

“Warga Kaltim tidak hanya jadi penonton saja,” ungkapnya. 

Kemudian acara ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang. Yaitu untuk juara I Rio Rangga dari Poltek Balikpapan, Juara II Robbi Firmansyah dari SMK 4 Samarinda, dan Juara III Baringin Jovandry Sinaga dari Poltek Balikpapan. Sedangkan untuk kategori industri diraih oleh Juara I Sandi Samudra dari Hotel Astara Balikpapan, Juara II Akhmad Herwinsyah dari Mercure Samarinda, dan Juara III Wahyu Nur Prasetyo dari Mercure Samarinda. 

“Rencana Akan di lanjutkan yg tingkat Nasional. Rencananya di Samarinda,” tandasnya. 

[TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *