IPSI Kukar Inisiasi Latihan Bersama, Siswo: Mereka Ini adalah Para Pendekar

Suasana latihan bersama antar perguruan di bawah naungan IPSI Kukar, di Stadion Rondong Demang, Kukar. (Dok)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan latihan bersama antar 15 perguruan pencak silat yang ada di Kukar. Kegiatan itu digelar di Gedung Bela Diri Stadion Rondong Demang, pada Sabtu (1/7/2023) sore. 

Ketua IPSI Kukar, Siswo Cahyono mengatakan bahwa kegiatan ini sebenarnya memang rutin digelar oleh pihaknya agar kondusifitas dan solidaritas antar perguruan yang ada di Kukar tetap terjaga. 

“Tujuan kita menjaga agar tidak ada hal yang negatif, karena mayoritas mereka ini adalah para pendekar. Kalau kita tidak jaga harmonisasi khawatirnya nanti ada gesekan di lapangan. Provokasi dan lain-lain, sehingga meninggalkan efek negatif yang tidak kita inginkan,” ucap Siswo saat diwawancarai awak media usai latihan bersama. 

Tak hanya itu, Siswo Cahyono juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga merupakan bentuk mempersiapkan para atlet silat yang ada di Kukar menuju Seleksi Daerah (Selekda) Pra Pekan Olahraga Nasional (PON). 

“Kegiatan ini kita juga mempersiapkan untuk Selekda pra PON, jadi atlet-atlet kita yang kemarin juara di Porprov kemudian di seleksi kembali untuk mewakili Kukar di ajang PON,” ungkapnya. 

Dikatakan Siswo, pada kesempatan itu pihaknya juga mengukuhkan satu perguruan silat baru di Kukar, yaitu Tapak Pusaka. Dari sebelumnya perguruan silat di Kukar terdapat 26 perguruan, kini menjadi 27 perguruan yang masuk dalam naungan IPSI Kukar. 

“Tadinya keanggotaan IPSI Kukar ada 26 perguruan, ditambah satu lagi jadi ada 27 perguruan yang menjadi keanggotaan IPSI Kukar,” jelasnya. 

Dengan bertambahnya perguruan yang ada di Kukar, Siswo berharap kedepannya dapat menciptakan atlet-atlet muda yang berprestasi sehingga dapat mengharumkan nama Kota Raja. 

Baca Juga :  Novi Marinda Putri Gelar Sosraperda Perlindungan Dan Pendistribusian Produk UMKM Di Lok Bahu Samarinda

“Harapannya semoga kedepan dapat terus menciptakan atlet silat berprestasi, sehingga mengharumkan nama Kukar,” pungkasnya.

[TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *