Scroll untuk baca artikel
Uncategorized

Wakil Bupati Tegaskan Komitmen Pemkab Kukar Pada Sektor Pertanian

88
×

Wakil Bupati Tegaskan Komitmen Pemkab Kukar Pada Sektor Pertanian

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin tinjau langsung petani di Desa Panca Jaya Kecamatan Muara Kaman.(Dok)

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin melakukan peninjauan langsung, melihat kondisi di lapangan para petani di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, pada Rabu (4/10/2023) pagi.

Tak sekedar berkunjung, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin juga menyalurkan sebagian bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar kepada masyarakat tani Desa Panca Jaya.

Rendi Solihin mengungkapkan, ada perhatian lebih yang diberikan pemerintah kepada petani. Salah satunya berkaitan dengan anggaran, di mana saat ini anggaran untuk pertanian di 2023 mencapai Rp 800 Miliar hingga Rp 1 Triliun.

“Ini karena ada beberapa kecamatan yang telah ditetapkan sebagai lokus pertanian. Jadi, anggaran pertanian tidak seperti biasa lagi, jika tahun-tahun sebelumnya setahun hanya berkisar Rp 300 Miliar – Rp 400 Miliar, kini naik dua kali lipat,” ungkap Rendi.

Dalam kunjungan Wakil Bupati tersebut, Sunanto salah satu petani turut bahagia atas bantuan yang diberikan. Ia merasa sangat terbantu guna memenuhi kebutuhan pertanian dirinya juga petani lain.

“Biasanya banyak prosedur yang harus kami lakukan. Tapi, ini tidak banyak prosedur, dan bisa langsung digunakan petani,” jelasnya.

Bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kaltim, dan menjadi daerah penopang Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tentu kita semakin bersemangat, terima kasih kami sampaikan kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati atas perhatiannya kepada petani,” ucap Sunanto.

Sebagai informasi, bantuan yang diberikan Pemkab Kukar ialah berbagai jenis pupuk, baik pupuk organik, hingga pupuk NPK.

Baca Juga :  Kadisdikbud Kaltim Tekankan Peningkatan Kualitas Meseum Daerah

[ADV/MII/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *