Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDaerahDisdikbud Kaltim

DPK Kaltim Selenggarakan Panji Keberhasilan, Demi Meningkatkan Kualiatas Perpustakaan Se- Kalimantan

104
×

DPK Kaltim Selenggarakan Panji Keberhasilan, Demi Meningkatkan Kualiatas Perpustakaan Se- Kalimantan

Sebarkan artikel ini
Ket: Perpustakan Kalimantan Timur

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Demi upaya meningkatkan kualitas minat baca masyarakat serta menjadikan budaya literasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim mengadakan Penilaiam Panji Keberhasilan Pembangunan Perpustakaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pustakawan BP3KM DPK Kaltim Marthen Rumana pada kamis (5/10/2023).

Maka dalam upaya pengembangan literasi masyarakat. Keberadaan perpustakaan dalam ruang publik tidak bisa dianggap remeh. Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk lomba Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Perustakaan di wilayah Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut merupakan yang di tujukan pada Perpustakaan se kabupaten/kota se Kalimantan Timur.

Pustakawan Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Marthen Rumana menerangkan, bahwa penilaian ini aka terus diamati hingga bulan November 2023.

“Penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan dilaksanakan hingga November 2023,” kata Pustakawan BP3KM Marthen Rumana.

Lebih lanjut, ia menjelaskan beberapa indikator penilaian dalam meraih penghargaan tersebut. Salah satunya adalah agenda kegaiatan yang diselenggarakan oleh perpustakaan yang membangun literasi serta kembangkan minat baca.

Marthen Rumana melanjutkan agenda tersebut akan dilaksanakan setiap tahun. Dan tahun ini point penilaian lebih menekankan pada kualitas dibandingkan kuantitas.

“Misalnya, bukan hanya melihat pembangunan gedung atau sarana, tetapi juga melihat kegiatan apa yang dilaksanakan untuk mendukung pengembangan perpustakaan, termasuk jumlah kunjungan dan konten yang disiapkan,” ucapnya.

Tak hanya itu, ia memberikan contoh sampel kegiatan perpustakaan Bontang dengan kursus penulisan atau lomba penulisan yang mampu meningkatkan literasi masyarakat.

“Kegiatan seperti itu yang kita lihat, apakah bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan bahwa penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan di Kaltim akan diumumkan resmu pada November 2023, dengan puncak acara pada Januari bertepatan HUT Provinsi Kaltim.

Baca Juga :  Pj Bupati Marbun Bangga, Penajam Paser Utara Festival 2023 Memukau Seluruh Lapisan Masyarakat

Marthen Rumana berharap dengan diagendakan lomba tersebut. Keberadaan Perpustakaan akan semakin terlihat serta pelayanan semakin ditingkatkan.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *