Jalanan Kubar Banyak Rusak, DPRD Kaltim Sarankan Kades Sodorkan Bankeu Ke Pemprov

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Ketua Komisi III DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Veridiana Huraq Wang memberikan perhatian kepada para Kepala Desa (Kades) di Kutai Barat (Kubar), mengenai kondisi jalan umum yang masih dalam rusak. Sehingga, menyarankan untuk mengajukan permohonan Bantuan Keuangan (Bankeu) ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) guna perbaikan jalan.

Menyoal kondisi jalan rusak yang tak kunjung membaik, dari hingga menuju Kubar. Dapat berimbas pada kondisi perekonomian dan jalur perdagangan masyarakat Kubar.

Ketua Komisi III DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang, memperhatikan kondisi tersebut sebagai sebuah keprihatinannya. Ia mengungkapkan, terdapat 9 desa yang terkendala aktifitas disebabkan akses jalan yang buruk.

“Di Kutai Barat (Kubar), jika dipantau kemungkinan ada sembilan desa yang akses jalannya masih rusak. Kami memang banyak mendapat keluhan soal jalan rusak dan Keluhan tersebut disampaikan oleh para Kades,” jelasnya Veridiana, Minggu (5/11/2023).

Legislator Kaltim itu membeberkan, terdapat akses jalan dibeberapa desa yang belum layak untuk digunakan oleh warga. Meskipun begitu, terdapat informasi bahwa, Pemprov tengah membicarakan persoalan guna memperbaiki jalan di wilayah Kubar.

“Terkait rencana itu , Kades yang ada berharap agar rencana perbaikan itu juga turut menyertakan wilayah mereka. Sehingga desa mereka juga bisa merasakan fasilitas yang bagus,” bebernya.

Anggota dewan daerah pemilihan Kubar-Mahulu itu juga menyampaikan, perbaikan jalan tersebut dapat dilakukan dengan pengajuan Bankeu. Namun, mesti difahami, status jalan tersebut bukan milik Provinsi, sehingga perbaikan jalan tersebut bukan wewenang Pemprov Kaltim.

“Kami menyarankan agar pengajuan Bankeu bisa dilakukan para Kades. Sehingga, masyarakat di desa-desa itu juga bisa segera menikmati jalan yang mulus. Jadi usulkan saja ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Kubar, supaya bisa diteruskan ke Pemprov Kaltim,” ujarnya Veridiana.

Baca Juga :  Pj Bupati PPU Dorong Peningkatan Pendidikan Agama Melalui BIMTEK TK/TPA

Ia pun berharap, agar Pemprov Kaltim melakukam koordinasi secara berkala untuk membantu memperbaiki ruas jalan rusak di wilayah Kubar tersebut.

“Kami dari DPRD Kaltim juga akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim untuk membantu perbaikan jalan di Kubar. Kami berharap, dengan adanya Bankeu ini, bisa membantu meringankan beban masyarakat di sana,” tutupnya.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *