Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDPK KALTIM

DPK Kaltim Mendorong Keaktifan Tata Kelola Arsip Di Lingkungan Pemda Kutim

129
×

DPK Kaltim Mendorong Keaktifan Tata Kelola Arsip Di Lingkungan Pemda Kutim

Sebarkan artikel ini

Dok. Suasanan Bimtek Pengelolaan Kearsipan oleh PSMKD. (Syahrul/MEDIAKATA).

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong keaktifan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengelola dan tertib arsip, melalui agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kearsipan Kecamatan Bengalon di Lingkungan Pemda Kabupaten Kutai Timur (Kutim) 2023, oleh Pusat Studi Manajemen Keuangan Daerah (PSMKD), di Ruangan Midtown Ballroom 1, lantai 2, Midtown Hotel, Samarinda.

Arsip merupakan sebuah cacatan, dokumen, berkas, yang memiliki rekaman tentang suatu informasi. Baik yang bentuknya foto, surat, maupun rekaman lainnya.

Kepala Sub Bagian Umum Kantor Kecamatan Bengalon Kutim Marnawati, mengungkapkan pelatihan terkait pengelolaan arsip merupakan hal penting untuk difahami oleh keanggotaan di lingkungan Kecamatan Bengalon.

“Kami ingin memperdalam ilmu yang ada, untuk mengelola supaya lebih rapi lagi dalam kearsipan kami di kantor camat Bengalon dan kami belajar gimana cara-caranya untuk kearsipan tersebut. Misalnya dari segi penomoran ataupun pembuatan suratnya,” ungkapnya, Jumat (10/11/2023).

Menurutnya, kearsipan tidak hanya dikelola oleh bidang kearsipan saja. Namun seluruh staff bagian di Kantor Camat pun mesti memahami bagaimana kearsipan itu dikelola.

“Untuk lebih memperluas lagi, biar semuanya tahu apa sih itu kearsipan. Jadi gak harus di bidang itu aja. Siapa tahu kita dipindah ke bidang yang lain. Jadi kita sudah mengerti dan memahami apa sih itu kearsipan,” tegasnya.

Agenda Bimtek tersebut dihadiri oleh 37 staff Kantor Kecamatan Bengalon, dan dipandu oleh Arsiparis FPK Kaltim Dewi Susanti.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *