Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDPK KALTIM

Diarspus Kukar Jadi Pengelola Arsip Terbaik Se-Kaltim, Ini Tipsnya !

134
×

Diarspus Kukar Jadi Pengelola Arsip Terbaik Se-Kaltim, Ini Tipsnya !

Sebarkan artikel ini

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kutai Kartanegara (Kukar), menjadi wilayah terbaik se-Kalimantan Timur (Kaltim) dalam pengelolaan arsipnya. Pihaknya memiliki tips yang boleh dicontoh.

Pada waktu ini, Diarpus Kukar berhasil meraih Penghargaan Kearsipan Kategori Terbaik di Provinsi Kaltim. Penghargaan yang secara reami diberikan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan Kearsipan 2023 pada Mei lalu di Banyuwangi.

Penghargaan tersebut menunjukkan, bahwa pengelolaan kearsipan di Kukar benar-benar dilaksanakan secara sistematis dan tertata. Tak heran, Diarpus Kukar patut jadi contoh bagi lembaga kearsipan di 10 Kabupaten/Kota di Kaltim.

Kepala Bidang Bidang Pengelolaan, Pemanfaatan Dan Pelayanan Kearsipan (P3K) Faria Fadillah, mengungkapkan pihaknya telah melaksanakan berbagai upaya terbaik untuk mengelola kearsipan Kukar.

Ia membeberkan, terdapat 3 tips versi Diarpus Kukar yang menjadi pedoman bergerak Diarpus di Kukar. Sehingga, memperoleh penghargaan tahun ini.

“Tipsnya cuma ada 3. Pertama jangan lepas pada pedoman UU 43 2009, kedua selalu melibatkan arsiparis dalam setiap pengambilan keputusan. Dan yang ketiga buat peraturan daerah yang selaras dengan tata kelola asing,” ungkapnya Faria, Jumat (17/11/2023).

Berkaitan dengan itu, ia melanjutkan bahwa pihaknya telah menyusun Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2023 tentang Tata Kelola Arsip, untuk wilayah kukar.

Ia menuturkan, pihak Diarpus akan sangat terbuka bagi lembaga kearsipan lain yang ingin belajar dan berbagi pengetahuan. Guna sama-sama berupaya meningkatkan kuliatas lembaganya terkait kearsipan.

“Nah kebetulan kami sebagai 10 kabupaten kota ini terbaik,
untuk lingkup wilayah kabupaten/kota jika mau belajar kami buka. Kemarin Samarinda sudah belajar, terus Berau 60 orang studi tiru tempat kami juga,” urainya.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *