Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDPK KALTIM

DPK Kaltim Akui Kunjungan Belajar Ke Gedung Kearsipan Meningkat Pasca Covid-19

104
×

DPK Kaltim Akui Kunjungan Belajar Ke Gedung Kearsipan Meningkat Pasca Covid-19

Sebarkan artikel ini

Teks foto : Arsiparis Penyelia DPK Kaltim Rahmadiana. (Syahrul/MEDIAKATA)

Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan belajar dari sekolah-sekolah setelah Pandemi Covid-19. Hal tersebut menjadi sebuah kesan terbaik bagi mereka yang mau belajar tentang arsip.

DPK Kaltim sebagai sebuah instansi yang bergerak dalam bidang perpustakaan dan pengelolaan arsip kerap menjadi sebuah destinasi belajar sekolah-sekolah.

Gedung kearsipan yang terletak di Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang ini, kerap menerima kunjungan kearsipan bahkan saat sebelum Covid-19 datang.

Selain bertugas menata, mengelola dan melestarikan arsip dari seluruh OPD di lingkup Kaltim. Pihaknya juga melayani kebutuhan belajar masyarakat yang diimplementasikan dalam bentuk berupa kunjungan wisata edukasi.

Arsiparis Penyelia DPK Kaltim Rahmadiana, mengungkapkan kunjungan edukasi kearsipan kerap diterima oleh pihaknya sebelum pandemi Covid-19. Namun, pasca pandemi tersebut, banyak sekolah yang berbondong-bondong mengajak anak didiknya untuk mengunjungi gedung arsip tersebut.

“Setelah Covid-19 ini, baru-baru ini lagi kita kedatangan tamu dalam jumlah rombongan yang banyak. Baik itu dari TK, dari universitas juga ada, biasanya ketika sudah selesai pelajarannya, mereka studi wisata,” ungkapnya Rahmadiana.

Lanjutnya, arsiparis itu membeberkan, pihaknya sering dikunjungi oleh TK, SMK, dan Perguruan Tinggi yang memiliki titik fokus dalam bidang arsip seperti jurusan Perkantoran. Namun, ia menyayangkan karena pihaknya belum pernah menerima kunjungan dari tingkat pendidikan SD dan SMP.

“Kalau TK kami mengajarkan sadar arsip sejak dini. Lebih ke pengenalan. Kalau SMK dan Perguruan Tinggi itu lebih mendalami lagi tentang arsip. Cuma kami belum pernah menerima kunjungan SD dan SMP” pungkasnya.



[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *