Antisipasi Banjir: DPRD PPU Mendorong Langkah Persiapan Transisi Pancaroba

Dok. Wakil Ketua II DPRD PPU, Hartono Basuki.

MEDIAKATA.COM, PPU – Menyongsong transisi pancaroba dari El Nino ke La Nina di Kabupaten Penajam Paser Utara, DPRD PPU menghendaki agar Pemda setempat melakukan langkah-langkah persiapan menghadapi potensi banjir.

Wakil Ketua II DPRD PPU, Hartono Basuki, menyuarakan perlunya Pemda dan semua pemangku kepentingan bersinergi menyusun dokumen rencana kontingensi, menjadi pedoman di tengah terjangan banjir yang mungkin terjadi.

“Mereka diharapkan dapat mematangkan diri dalam menghadapi beragam skenario dan menerapkan langkah-langkah mitigasi yang efektif” ungkap Hartono belum lama ini.

Tak hanya itu, ia juga mengajak seluruh OPD dan masyarakat untuk giat membersihkan lingkungan mereka, sebagai langkah preventif untuk menghindari terjadinya sumbatan air.

Berdasarkan informasi BMKG, pada dasarian kedua Oktober dan November, catatan menunjukkan adanya hujan dengan intensitas sedang hingga rendah. Akan tetapi, diprediksi bahwa pada dasarian kedua November hingga Desember, curah hujan akan meningkat.

Politisi PDP Perjuangan ini juga menekankan pentingnya BPBD PPU mempersiapkan segala aspek terkait bencana dalam situasi seperti ini, termasuk peralatan dan personel.

“Antisipasi adalah kunci. Jangan sampai kita terkejut jika bencana melanda dan kita tidak siap” tandasnya. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *