Dorongan Ketua DPRD: Kabupaten PPU Perlu Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Dok. Ketua DPRD PPU, Syahruddin Noor.

MEDIAKATA.COM, PPU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Ketua DPRD, Syahrudin M Noor, memberikan dorongan kepada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) PPU untuk membuka sekolah inklusi. Alasannya adalah hingga saat ini, Kabupaten PPU belum memiliki sekolah inklusi.

“Kami mendorong sekolah inklusi dibuka agar anak berkebutuhan khusus lebih mudah mengakses pendidikan” ujar Syahrudin belum lama ini.

Menurutnya, para pemuda di PPU perlu menjauhi narkoba karena dapat merusak kesehatan, keseimbangan mental, dan masa depan mereka.

“Hanya ada satu SLB di PPU, jadi perlu dibuka sekolah inklusi agar anak berkebutuhan khusus di setiap kecamatan bisa mendapatkan akses pendidikan. Jadi, tidak mesti harus sekolah di SLB” tambahnya.

Dikatakan Syahrudin pembauran dengan siswa umum sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri terhadap anak berkebutuhan khusus yang menempuh pendidikan di sekolah inklusi.

“Perlu mendekatkan pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus melalui program sekolah inklusi” ucapnya.

Ia juga menekankan kepada Disdikpora PPU agar perlu membuka sekolah inklusi. Apalagi, sudah ada beberapa daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) telah membuka sekolah inklusi yang bisa dijadikan rujukan.

“Untuk kebutuhan guru anak berkebutuhan khusus, itu bisa direkrut nantinya oleh pemerintah daerah” pungkasnya. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *