Legislator Kaltim: Perlu Perhatikan Kesehatan Pekerja Migran Di IKN

Teks foto : Ilustrasi virus penyakit HIV. (Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati menyoroti pentingnya memperhatikan kesehatan pekerja migran di Ibu Kota Negara (IKN), terutama dalam konteks penyebaran HIV.

Sebagai anggota dewan, Puji mengungkapkan keprihatinan terhadap jumlah kasus HIV yang mencapai 5.000 di Kalimantan Timur.

“Kami menyampaikan kekhawatiran terkait penyebaran HIV/AIDS di kalangan pekerja migran, terutama mereka yang terlibat dalam proyek-proyek konstruksi di IKN,” ucap Puji, Selasa (5/12/2023).

Legislator Kaltim itu menyoroti fakta bahwa banyak pekerja di IKN berasal dari luar daerah dan seringkali jauh dari keluarga mereka. Oleh karenanya, perlu diwaspadai adanya risiko penyimpangan seksual yang dapat meningkatkan penularan HIV/AIDS.

“Pentingnya upaya pencegahan dan penanganan HIV/AIDS di kalangan pekerja migran, terutama di sektor konstruksi yang melibatkan tenaga kerja dari luar daerah,” imbuhnya.

Politisi Fraksi Demokrat itu menegaskan, agar upaya pencegahan dapat melibatkan kampanye penyuluhan tentang HIV/AIDS, peningkatan kesadaran akan risiko penularan, dan memastikan akses yang mudah terhadap layanan kesehatan yang menyediakan tes HIV dan pengobatan.

“Pencegahan ini tidak hanya untuk melindungi kesehatan pekerja migran, tetapi juga untuk melindungi masyarakat sekitar dan meminimalisir risiko penularan penyakit,” pungkas Puji.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *