Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDPK KALTIM

Dispursip Kota Samarinda Rutin Lakukan Pengawasan Tata Kelola Arsip Di Setiap OPD

48
×

Dispursip Kota Samarinda Rutin Lakukan Pengawasan Tata Kelola Arsip Di Setiap OPD

Sebarkan artikel ini

Dok.Arsiparis Terampil Dispursip Kota Samarinda, Kirana Pareswari. (Syahrul/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Arsiparis Terampil Dinas Perpuatakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Samarinda, Kirana Pareswari, mengungkapkan bahwa setiap tahunnya pihaknya rutin melakukan pengawasan tata kelola arsip di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain itu, pihaknya telah menjalankan serangkaian kegiatan, termasuk pelatihan dan sosialisasi, guna memperbaiki manajemen kearsipan di tingkat OPD.

“Sebelumnya kami sudah pernah melakukan pelatihan, tapi itu sebelum-sebelumnya sudah dilakukan, karena kami tiap tahun melakukan sosialisasi,” kata Kirana, Jumat (1/12/2023).

Ia mengungkapkan bahwa setiap tahun pihaknya melakukan pembinaan ke lapangan, termasuk pengawasan dan penjelasan mengenai pengelolaan arsip yang diperlukan di setiap OPD.

“Tujuannya adalah untuk memperbaiki manajemen kearsipannya di perangkat daerah masing-masing,” jelasnya.

Kirana menjelaskan bahwa dalam pengawasan tersebut, OPD yang menunjukkan manajemen kearsipan yang baik akan mendapatkan penilaian positif.

“Secara keseluruhan, yang paling baik itu OPD mana yang paling bagus. Berdasarkan informasi sebelumnya, dari tahun 2018, yang paling bagus adalah Sekretariat Daerah dengan Bappeda Litbang,” ucap Kirana.

Sebagai Arsiparis, ia menekankan bahwa hasil pengawasan ini diharapkan dapat mendorong setiap OPD untuk meningkatkan manajemen kearsipan secara maksimal.

Ia pun menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk terus memastikan bahwa tata kelola arsip di setiap OPD berjalan efisien dan efektif.

“Harapannya setelah dilakukan pengawasan tiap tahunnya, OPD dapat meningkatkan manajemen kearsipan lebih maksimal, baik dari segi SDM, sarana dan prasarana, maupun ruang penyimpanan arsip yang dikhususkan,” tutupnya.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *