Scroll untuk baca artikel
AdvertorialDPK KALTIM

Dispursip Terangkan Kendala Yang Dialami OPD Dalam Pengelolaan Arsip

153
×

Dispursip Terangkan Kendala Yang Dialami OPD Dalam Pengelolaan Arsip

Sebarkan artikel ini

Dok.Ilustrasi Arsip yang berserakan. (Ist)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Arsiparis Terampil Dispursip Samarinda, Kirana Pareswari, memberikan penjelasan terkait kendala yang kerap dihadapi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pengelolaan arsip. Menurutnya, kendala tersebut berasal dari kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan tugas yang berlipat ganda, sehingga mengakibatkan kurangnya fokus pada pengelolaan arsip.

“Kendalanya sejauh ini adalah SDM yang kurang, dan dari SDM yang kurang itu pekerjaannya berlipat-lipat, sehingga tidak fokus pada pengelolaan arsipnya,” ujar Kirana, Jumat (1/12/2023).

Ia menambahkan bahwa beberapa OPD juga mengalami kendala terkait tempat penyimpanan arsip yang belum memadai. Seperti record center, rak arsip, Roll O Pack, dan lainnya.

“Mungkin juga tempat penyimpanan, sarana prasarana-nya juga kebanyakan belum maksimal di setiap perangkat daerahnya,” katanya.

Arsiparis itu menuturkan bahwa kurangnya kesadaran dalam penyelenggaraan kearsipan, juga menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh OPD.

“Mungkin juga kurang kesadaran dalam penyelenggaraan kearsipannya. Tapi kami sebagai lembaga kearsipan daerah tentu terus membina agar makin tahun makin meningkat,” tambahnya.

Ia pun menegaskan, pihak Dispursip Samarinda berkomitmen untuk terus memberikan pembinaan dan dukungan agar OPD dapat mengatasi kendala-kendala tersebut.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *