Dispar Kaltim Berkomitmen Mengelola Arsip Dengan Baik

Dok.Arsiparis Terampil Dispar Kaltim Gharin. (Syahrul/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA– Dalam upaya menjaga keteraturan dan keterbacaan arsip, Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya mengelola arsip dengan baik, terutama pada bidang pengelolaan arsip aktif.

Arsiparis Terampil Dispar Kaltim Gharin mengungkapkan, pihaknya telah berupaya penuh dalam pengelolaan arsip. Meskipun, masih hanya arsip jenis, tidak menutup kemungkinan dalam arsip inaktif dan statis pun akan tingkatkan.

“Kalau di Deskripsikan itu di bidang-bidang unit pengolahnya itu lebih ke pengelolaan arsip aktifnya. Kebetulan untuk itu sudah rapi,” ungkapnya Arsiparis Terampil Dinas Pariwisata Kaltim Gharin, Senin (4/11/2023).

Namun, Gharin juga mengakui bahwa pengelolaan arsip inaktif masih menjadi tantangan.

“Kalau untuk arsip inaktif, masih mengikuti metode lama karena belum semuanya tertata dengan baik. Kami masih perlu melakukan pencarian dengan membongkar-bongkar arsip,” ungkapnya.

Meski begitu, ia menjelaskan, bahwa untuk arsip aktif, situasinya sudah tertata dengan baik di unit pengolah. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Dispar Kaltim untuk memastikan arsip tetap terjaga dan dapat diakses dengan mudah.

[ADV/RUL/TSN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *