Kerjasama PPU Dan BI: Pengendalian Inflasi Dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Dok.Penandatanganan nota kesepakatan kerjasama antara Pemda PPU dan Bank Indonesia

 

MEDIAKATA.COM, PPU – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dalam pengendalian inflasi, pengembangan klaster pangan dan UMKM, serta elektronifikasi transaksi daerah.

 

Penandatanganan nota kesepakatan kerjasama antara Pemda PPU, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tohar, dan pihak BI, yang diwakili oleh Kepala BI Balikpapan, Bambang Setyo Pambudi, dilakukan pada Kamis (22/2/2024) di Pantai Amal, PPU.

 

Tohar, Sekda PPU, menyatakan bahwa kesepakatan kerjasama tersebut meliputi beberapa hal, termasuk sistem perbankan terkait elektronifikasi transaksi daerah dan layanan bank lainnya, serta masalah perekonomian daerah.

 

Dia menegaskan pentingnya tanggung jawab bersama dalam menjaga inflasi di daerah, serta mengapresiasi upaya yang telah dilakukan melalui kerjasama sebelumnya terkait elektronifikasi transaksi daerah dan pemberdayaan UMKM.

 

Kerjasama ini, kata Tohar, merupakan wujud kepercayaan BI terhadap kabupaten PPU dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, serta komitmen bersama dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

 

Bambang Setyo Pambudi, Kepala BI Balikpapan, menjelaskan bahwa kerjasama antara BI dan Pemda PPU telah berlangsung cukup lama dan diperpanjang dalam jangka waktu lima tahun terakhir. Tujuan kerjasama tersebut adalah dalam bidang pengendalian inflasi sambil menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi.

 

Dia juga menyebut lingkup kerjasama meliputi pengendalian inflasi melalui pengembangan klaster pangan dan UMKM, serta sistem pembayaran di dalamnya. Harapannya, kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat kabupaten PPU. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *