Disdukcapil Kukar Miliki Tiga Program Prioritas Yang Akan Di Kejar Tahun ini

Dok.Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akan terus meningkatkan pelayanan Administrasi Penduduk (Adminduk) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) khususnya pada tingkat desa dan kelurahan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Disdukcapil M. Iryanto, terdapat tiga program prioritas milik Disdukcapil yang akan dikehar pada tahun 2024. Diantaranya, menetapkan pelayanan Adminduk, memastikan percetakan KTP di seluruh kecamatan di Kukar, dan pemutakhiran data penduduk melalui perekaman bagi wajib KTP
 
“Saya kira program krusialnya tahun ini 3 tersebut, karena tahun ini berkaitan dengan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” ungkapnya kepada awak media, pada Senin (11/03/24)

Lebih lanjut ia menyatakan, target kinerja Disdukcapil salah satunya ialah kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau lembaga yang berada di Kukar.

Berkenaan dengan momen Pilkada, M. Iryanto menuturkan bahwa, momen Pilkada akan lebih sensitif daripada pemilihan Legislatif (Pileg) atau pemilihan Presiden (Pilpres). Hal itu dikarenakan, memungkinkan terdapat calon perseorangan sama seperti dengan pilkada sebelumnya.
 
“Kalau calon persorangan persyaratannya mengandalkan dukungan dari KTP, dengan jumlah yang telah ditentukan oleh penyelenggara pemilu,” ucapnya.
 
Oleh karena itu, Disdukcapil terus berupaya untuk menuntaskan percetakan KTP bagi masyarakat yang belum memiliki KTP, namun sudah wajib KTP. 
 
“Kita terus berupaya menuntaskan percetakan KTP untuk persiapan Pilkada, agar masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya,” tutupnya.

Hal tersebut merupakan bentuk upaya yang dilakukan untuk persiapan Pilkada, agar masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya.

[MII]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *