Desa Muara Muntai Ilir Alami Kemajuan Signifikan Pada Perekonomian Masyarakat

Dok.Kepala Desa Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur

MEDIAKATA.COM, KUKAR – Desa Muara Muntai Ilir, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), telah mencapai kemajuan yang signifikan, terutama dalam program peningkatan ekonomi kerakyatan yang telah berlangsung hampir dua tahun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur. Ia mengungkapkan bahwa program ini, berhasil meningkatkan kesetaraan di antara nelayan, baik yang berbudidaya maupun yang menjalankan usaha tradisional.

“Dengan status desa mandiri, kami berharap masyarakat dapat meningkatkan penghasilan tanpa harus bergantung pada bantuan,” ujar Arifadin, pada Senin (22/4/24).

Ia menambahkan, program ini disinkronkan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kukar, seperti memberikan bantuan berupa bibit dan keramba kepada nelayan.

Tahun ini, pemerintah desa kembali melanjutkan bantuan bibit dan pakan. Sebanyak 40 kotak keramba yang berisi bibit ikan mas dan nila telah didistribusikan kepada masyarakat.

Arifadin menjelaskan bahwa, program ini tidak hanya mendukung sandang pangan, tetapi juga memperkuat program Dana Desa yang telah menjadi program pusat.

Dengan bantuan ini, diharapkan nelayan dapat meningkatkan produksi dan kualitas hasil tangkapan mereka. Rencananya, pada tahun 2024, nelayan di desa ini akan kembali menerima bantuan bibit dan pakan dari pemerintah.

“Program ini sudah hampir dua tahun berjalan. Tahun ini kami akan melanjutkan bantuan bibit dan pakan,” tambahnya.

Dengan kesinambungan program ini, diharapkan Desa Muara Muntai Ilir terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakatnya.

[MII]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *