Peringati Hardiknas, Sigit Wibowo Dorong Anak Muda Jadi Generasi Berkemajuan

Teks foto : Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo. (Syahrul/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong peran generasi muda untuk siap bersaing memajukan Benua Etam -julukan Kaltim-, terlebih  hadirnya pembangunan Ibukota Nusantara (IKN).

Hardiknas yang jatuh pada tanggal 2 Mei kemarin, telah menjadi momentum penting bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tak hanya sebagai kebutuhan, pendidikan memiliki peran penting membangun dan memajukan sebuah negara.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo menyampaikan, perlu adanya evaluasi besar dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan. Terlebih, IKN akan menjadi pusat Kota Peradaban di Benua Etam.

“Jadi mottonya pendidikan kita itu ‘merdeka belajar’. Media belajar ini tentu saja harus dimaknai, bahwa pendidikan kita harus berkembang. Jadi kita berfokusnya ini karena ada IKN, kalau ingin berkecimpung di IKN, Kaltim juga perlu orang. Cuma, daya saingnya harus di setarakan,” ungkapnya Sigit Wibowo, Kamis (2/5/2024) malam.

Politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mengatakan, dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kaltim, perlu adanya peran Pemerintah dan pendukung lainnya. Pasalnya, tantangan, akses, dan kualitas menjadi poin utama yang perlu dilirik.

“Kalau dulu itu dicekoki cara mengajarnya, sekarang ini sudah harus berdiskusi. Artinya, perkembangan pendidikan juga harus membutuhkan sumber daya yang bersaing, khususnya di Kaltim ini.

Ia juga memberi contoh, angka putus sekolah dan daya tampung satuan pendidikan negeri yang terbatas menjadi persoalan yang kerap diperbincangkan. Karena menurutnya, apabila keadaan itu terus berlanjut, akan mempengaruhi pola pendidikan kedepannya.

“Jangan terpaku yang sekolah di negeri. Kalau semuanya di negeri, artinya kan tidak cukup tempatnya, tidak cukup jumlah pengajarnya. Untuk itu, kita juga perlu dukungan swasta. Jangan sampailah putus sekolah,” jelasnya.

Baca Juga :  DPK Terima Arsip BPKAD, Berharap OPD Lain Turut Berpartisipasi Menjaga Ke Arsipannya

Sigit berpandangan, Hardiknas yang bertemakan “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” tahun 2024, merupakan momen evaluasi besar. Sebab, melalui tema tersebut, komitmen dalam berinovasi, beradaptasi, akan menciptakan cara berpikir dengan pola yang baru.

Legislator Kaltim itu menegaskan, segala peningkatan perlu direalisasikan. Tak hanya fasilitas dan sarana prasarana, tenaga pendidik sebagai elemen penting diharap mampu membentuk generasi yang berkualitas, berintegritas, dan berdaya saing di IKN nantinya.

“Makanya, orientasi berpikir kita itu dalam rangka di Hardiknas ini, ya kita mencetak manusia ini bukan sebagai pekerja, tetapi bagaimana dia ke depannya itu menjadi orang yang mempekerjakan orang. Artinya apa? artinya dibutuhkan orang-orang Kaltim yang bisa membuka lapangan kerja,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *