DPRD Kaltim Berencana Ubah Regulasi Penerima Beasiswa

Seno Aji : Supaya Rata Peroleh Beasiswa

Teks foto : Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji. (Syahrul/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Persoalan Hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim tahun anggaran 2023. Terkait, Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) dinilai tak tepat sasaran.

Diketahui, BPK RI telah memberikan catatan penting yang mesti diperhatikan oleh Pemprov terkait penyaluran BKT. Sebab, dalam pelaksanaannya, hal tersebut dinilai tidak sesuai dengan ketentuan. Sehingga berpotensi tak mencapai target seperti yang telah dilakasanakan.

Meskipun total APBD Kaltim tahun anggaran 2023 besar, yakni Rp 17,2 triliun. Namun, BPK RI menyebutkan Rp 4,09 miliar merupakan besaran angka yang berpotensi tak tepat sasaran.

Menanggapi pernyataan itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji menjelaskan, perlu adanya regulasi tambahan yang mendukung pendistribusian BKT. Sehingga, dapat diterima secara merata oleh mereka yang sedang menempuh pendidikan di Benua Etam.

“Kita ingin adanya peningkatan Beasiswa. Karena APBD-nya besar dan anggaran pendidikan kita itu 20 persen. Saya rasa tidak ada alasan lagi untuk tidak memperbesar hal itu,” ungkapnya Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji saat dijumpai usai rapat Paripurna ke 10, Rabu (8/5/2024) Malam.

Legislator Kaltim itu mengungkapkan, pihaknya telah berencana akan mengubah regulasi persyaratan. Yaitu dengan menambah calon penerima BKT.

Sebab, ia menilai, keterbatasan calon penerima BKT, akan menimbulkan suatu persoalan, dimana mereka yang minim informasi tidak akan mendaftar.

“Sedang kita kelola. Kalau bisa syaratnya dipermudah supaya anak-anak Kaltim semuanya dapat beasiswa,” ucapnya.

Politisi Fraksi Gerindra itu menuturkan, setelah berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim, pihaknya setuju akan mengubah regulasi persyaratan calon penerima beasiswa secepatnya.

“Kalau perlu, keseluruhan anak kita harus bebas dari uang sekolah. SD, SMP, SMA, bahkan Universitas. Kita berkeinginan agar bisa menyekolahkan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Syahrul Mubarok Editor: Topan Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *