PolitikSamarinda

Sukses Lantik 50 PPK, KPU Samarinda Harap Pilkada 2024 Terjalankan Dengan Baik

95
×

Sukses Lantik 50 PPK, KPU Samarinda Harap Pilkada 2024 Terjalankan Dengan Baik

Sebarkan artikel ini
Teks foto : Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Loa Janan Ilir. (Syahrul/MEDIAKATA)

MEDIAKATA.COM, SAMARINDA – Sukses melantik 50 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) wilayah Kota Tepian. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda mendorong mereka yang resmi menjadi anggota, untuk menjalankan tahapan Pilkada 2024 secara profesional dan amanah.

Menjelang Pilkada 2024, peran PPK semakin krusial dalam menjamin kelancaran dan keadilan proses pemilihan. Sebagai bagian dari KPU Kota Samarinda, PPK bertanggung jawab atas pelaksanaan teknis pemilihan di tingkat kecamatan, yang meliputi penyiapan logistik, pengawasan, dan pelaporan hasil pemilihan.

Agenda pelantikan PPK yang digelar di Ruang Mahakam 1, Lantai 5, Hotel Harris Samarinda itu, dihadiri oleh Walikota Samarinda Andi Harun, Ketua dan Komisisioner KPU Samarinda, dan Bawaslu.

Dalam sambutannya, Walikota Samarinda Andi Harun, menjelaskan, dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam Pilkada, PPK merupakan barisan terdepan untuk membantu KPU dalam meningkatkan kesadaran warga terhadap hak dan kewajiban mereka sebagai pemilih, serta cara menggunakan hak suara dengan benar.

“Tugas ini harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan bersungguh-sungguh oleh PPK. Panitia yang dibentuk oleh KPU Kota Samarinda ada untuk menyelenggarakan pemilihan di tingkat kecamatan,” ungkapnya Andi Harun, Kamis (16/5/2024).

Orang nomor satu Samarinda itu menegaskan, kesalahan yang ada pada pelaksanaan Pilpres 2024 lalu, tidak boleh terulang kembali pada Pilkada nantinya. Oleh sebab itu, anggota PPK yang terlantik, mesti memahami peran dan fungsinya, agar dapat menjadj SDM yang berkualitas.

“Tugas pertama adalah segera mempelajari segala tugas dan fungsi anggota PPK. Pelajari apa yang ada dalam aturan perundang-undangan kepemiluan. Kedua, silakan berkoordinasi dengan anggota KPU Kota Samarinda. Segala macam pekerjaan silakan dikoordinasikan,”

Ia pun berharap, Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Pun juga, ia meminta agar anggota PPK tidak abai akan tugas dan kesehatannya.

Baca Juga :  Strategi PPP Menangkan Duet Ganjar dan Gus Yasin

“Jangan lupa jaga kesehatan, karena tugas nanti sangat berat. Diantaranya adalah tugas memastikan sosialisasi pemilu ini berjalan dengan lancar dari atas sampai bawah. Saudara semua juga memiliki tanggung jawab langsung maupun tidak langsung agar partisipasi kita meningkat,”

Sementara itu, Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat menuturkan, dari 50 anggota PPK yang telah dilantik, telah ditempatkan pada 10 kecamatan yang ada di Samarinda.

Ia membeberkkan, bahwa setiap kecamatan akan diisi oleh 5 anggota PPK. Agar dalam menjalankan tugasnya, KPU terbantu dalam menyukseskan Pilkada nanti.

“Setelah dilantik, tugas pertama mereka merekrut anggota PPS tingkat kelurahan. Nanti mereka yang akan wawancara, dan mengambil setiap kelurahan tiga orang,” urainya.

“Selain itu, mereka habis ini akan menerima limpahan data pemilih untuk pemutakhiran. Selanjutnya, mereka juga akan memetakan jumlah TPS,” tambahnya Firman.

Firman pun berharap, seluruh anggota PPK yang terlantik, dapat terus berkomitmen dan totalitas menjalankan tugasnya dalam setiap tahapan Pilkada, hingga penyelenggaraan Pilkada. Sebab, kesuksesan penyelenggara Pilkada merupakan tanggung jawab bersama.

“Jangan ada yang mundur di tengah perjalanan, mengingat di pemilu sebelumnya ada yang mendur. Saya ingin seluruh anggota berkomitmen untuk menjalankan amanah ini,” pungkas Firman.

Dilain sisi, salah satu anggota PPK Loa Janan Ilir, Reza Fachlevi, mengucapkan banyak terima kasih, atas terlantiknya PPK di seluruh Kecamatan Kota Samarinda.

“Alhamdulillah ari ini kami semua PPK Se-Kota Samarinda resmi dilantik. Semoga dengan dilantiknya kami sebagai anggota PPK menambah semangat kami untuk mengabdi pada negara. Terimakasih kami ucapkan kepada para Komisioner KPU Kota Samarinda atas kepercayaanya yang telah menetapkan dan melantik kami,” ucapnya.

Ia pun berharap, agar dirinya serta teman-teman PPK lainnya, dapat menjalankan tugasnya sesuai arahan KPU Kota Samarinda. Agar dapat menyukseskan Pilkada 2024 pada 27 November mendatang.

Baca Juga :  Anies Baswedan Hadir Di Samarinda, Antusias Warga Kaltim Bergejolak Dukung Perubahan

“Tentu banyak harapan pada Pilkada mendatang ini, yaitu Pilkada yang harmonis dan berintegritas. Tahapan demi tahapan kedepannya semakin padat, karena masa tahapan yang harus di kejar cepat. Semoga kami bisa menjalankan amanah ini dengan jujur, baik dan adil,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *